Beranda Siaran Pers Menwa Unsyiah Juara Umum Kejuaraan Olahraga Militer Menwa Nasional

Menwa Unsyiah Juara Umum Kejuaraan Olahraga Militer Menwa Nasional

BERBAGI
Dok. Panitia
loading...

Siaran Pers | DETaK

Darussalam- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) ke-57 dan HUT Tentara Negara Indonesia (TNI)  ke-73, Resimen Mahasiswa (Menwa) Mahadasa Batalyon 01/Wira Bhakti Unsyiah menggelar Kejuaraan Olahraga Militer Komando Menwa Indonesia 2018 pada 17 s/d 20 November 2018, bertempat di Kampus Unsyiah dan Rindam Iskandar Muda .

Kegiatan yang di helat selama 4 hari ini diikuti sebanyak 7 Menwa perwakilan Perguraan Tinggi yaitu Batalyon 01 Wira Bhakti Unsyiah, Batalyon 02 Rencong Sakti Univeristas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh , Batalyon H Menwa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Batalyon A Universitas Sumatera Utara (USU)/KP, Batalyon C Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU/MW), Batalyon 041/IB Universitas Negeri Riau (UNRI), dan Detasemen 5 Institut Teknologi Medan (ITM).

IKLAN
loading...


Beberapa cabang kejuaraan yang diperlombakan diantaranya, Lari Beban Tempur, Bongkar Pasang Senjata, Jasmani Militer, Halang Rintang, Renang Militer, serta Lempar Pisau dan Kampak.

Pada kejuaraan ini Menwa, Unsyiah berhasil keluar sebagai Juara Umum dengan meraih 19 Medali dari total 33 medali yang diperebutkan, diantaranya; 9 Emas, 6 Perak, 4 Perunggu.

Sementara juara umum 2 dan 3 secara berturut diraih oleh Menwa USU dengan perolehan; 1 Emas, 2 Perak, 2 perunggu, serta Menwa UNRI dengan perolehan; 1 Emas, 1 Perak, 4 Perunggu.

Kejuaraan ini bertujuan sebagai uji ketangkasan dan bahan evaluasi personil Menwa yang selama ini sudah berlatih.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unsyiah, Alfiansyah Yulianur, dalam sambutannya menyampaikan bahwasannya prestasi adalah suatu tujuan yang dipandang penting dalam suatu kejuaraan, tetapi tujuan yang lebih penting adalah terciptanya silaturahmi antar Menwa yang ada di Indonesia, sehingganya Menwa semakin kompak, solid, dan profesional.

“Prestasi memanglah penting, tetapi yang terpenting adalah melalui kejuaraan ini, terciptanya silaturahmi antar Menwa yang ada di Indonesia, sehingganya Menwa semakin kompak, solid, dan professional,” ungkap Alfiansyah.

Rizky Saputra, Komandan Batalyon 01/WB Unsyiah, mengatakan kejuaraan ini merupakan pertama kalinya diselenggarakan di Aceh khususnya Menwa Unsyiah, ia berharap kejuaraan ini dapat dilaksanakan berkelanjutan dan kedepannya.

”Semoga kejuaraan ini dapat dilaksanakan berkelanjutan dan kedepan dapat lebih ditingkatkan lagi dari segi Peserta yang berpartisipasi maupun dari segi teknis dilapangannya,” tutup Rizki. []

Editor: Maisyarah Rita