Beranda Film Veteran: Perjuangan Menangkap Anak Konglomerat Pecandu Narkoba

Veteran: Perjuangan Menangkap Anak Konglomerat Pecandu Narkoba

BERBAGI
(Poster film Veteran)
(Sumber: Ist)
loading...

Resensi | DETaK

Judul: Veteran (2015)
Genre: Laga/Komedi
Sutradara: Ryoo Seung-wan
Produser: Kang Hye-jung dan Kim Jung-min
Distributor: CJ Entertainment
Pameran: Hwang Jung-min, Yoo Ah-in
Durasi: 123 Menit
Negara: Korea Selatan
Bahasa: Korea

Film ini menceritakan tentang seorang detektif yang bernama Seo Do-cheol (Hwang Jung-min), Ia merupakan seorang detektif yang dikenal tanpa ampun ketika memburu targetnya. Ia dikisahkan berusaha untuk menangkap seorang pemuda kaya raya, sekaligus pecandu narkoba yang merupakan anak konglomerat, Jae Tae Oh (Yoo Ah-in).

IKLAN
loading...


Di adegan awal film ini diperlihatkan Detektif Seo sedang membeli sebuah mobil di pelelangan ilegal, bersama seorang perempuan yang merupakan teman satu tim nya. Ketika sudah membeli mobil tersebut, mereka pun menuju ke sebuah bengkel, yang mana pemilik bengkel tersebut dan anggota-anggotanya merupakan pelaku dari sebuah kasus penjualbelian mobil impor ilegal tingkat internasional. Setelah menangkap pemilik bengkel tersebut, mereka pun langsung menuju pelabuhan untuk menangkap pelaku utama perdagangan mobil impor ilegal tersebut. Adegan penangkapan itu dilengkapi aksi laga yang dibalut dengan unsur komedi.

Selanjutnya, cerita pokok dari film ini bermula ketika Detektif Seo merasa ada kejanggalan terhadap kecelakaan yang dialami oleh supir truk Bae (Jung Woong In). Supir truk Bae ini merupakan teman Detektif Seo, yang juga mengantarnya ke dermaga ke tempat penangkapan pelaku penjualan mobil impor ilegal sebelumnya. Perlu diketahui Detktif Seo ini mempunyai sebuah tim yang beranggotakan lima orang yang diketuai oleh detektif senior diperankan oleh aktor Oh Dal-su. Kasus supir truk Bae ini sebenarnya bukan kasus yang harus ditangani oleh divisi Detektif Seo karena kasus ini sudah ditangani oleh divisi lain. Akan tetapi karena karena Detektif Seo ini memiliki karakter akan melakukan hal apa pun demi menegakkan keadilan ia pun mengurusi kasus supir truk Bae tersebut, meskipun ia melanggar kode etik detektif yakni tidak boleh ikut campur dalam kasus divisi lain.

Setelah Detektif Seo melakukan penyelidikan, ternyata pelaku dari kecelakaan supir truk Bae tersebut dilakukan oleh Jae Tae Oh, seorang pemuda kaya raya pecandu narkoba yang memilki banyak koneksi. Karena sebelum kecelakaan itu terjadi, supir truk Bae sempat mengunjungi kantor Tae Oh untuk protes terhadap kontrak yang tidak dibayar oleh perusahaan Tae Oh.

Di saat melakukan proses penangkapan terhadap Jae Tae Oh, detektif Seo mendapat dukungan dari timnya bahkan ia mendapat dukungan dari kantor polisi tempat ia bertugas, akan tetapi proses penangkapan Jae Tae Oh ini tidak semudah yang dibayangkan. Jae Tae Oh yang notabenenya seorang yang terpandang dapat dengan mudah menutupi kejahatannya dengan menyuap mulai dari saksi, media, polisi bahkan istri dari Detektif Seo dan Supir truk Bae, meskipun pada akhirnya istri Detektif Seo dan supir truk Bae menolak suapan tersebut.

Tak hanya itu, di dalam kasus yang ditangani oleh detektif Seo ini, ayah Jae Tae Oh, Song Young-chang, pun memiliki peran untuk menutupi kejahatan anaknya dimana ia mengkambinghitamkan Direktur Choi (Yoo Hae-jin) yang merupakan orang yang dekat dengan Jae Tae Oh, untuk mengakui bahwa ialah yang melakukan kejahatan yang dilakukan oleh Jae Tae Oh, dengan iming-iming diberikan uang serta jabatan yang lebih tinggi ketika ia keluar dari penjara, dan direktur Choi pun setuju akan hal tersebut. Dengan hal tersebut mampukah Detektif Seo menangkap Jae Tae Oh?

Film Veteran ini layak ditonton untuk mengisi waktu luang. Mengapa? Karena hanya dengan durasi 123 menit, sutaradara film ini mampu menampilkan secara ciamik kualitas dari film ini, dimana film ini meskipun bertema criminal, namun terdapat juga banyak adegan-adegan komedi yang siap mengocok perut kamu. Tidak hanya itu saja, di film ini juga disajikan kisah-kisah pengorbanan, persahabatan, dan juga kekeluargaan, yang pastinya seru untuk disaksikan.

Selain itu tampilan sinematografi film ini juga sangat mumpuni, dimana kita dimanjakan dengan gerakan kamera di saat adegan laga. Selain itu akting pemeran dalam film ini juga patut diacungi jempol karena berhasil menampilkan karakter tokoh dengan baik. Bahkan beberapa dari mereka mampu membuat penonton tertawa dan terhibur lewat aksi kocak mereka.
Tak hanya itu, film ini juga menjadi film dengan pendapatan tertinggi ketiga sepanjang sejarah perfilman Korea Selatan dan meraih berbagai penghargaan karena kesuksesannya diantaranya Penghargaan Casa Asia Award pada Festival Film Sitges ke-48 tahun 2015, dan Penghargaan Seni Baeksang untuk Sutradara Terbaik. Karena kesuksesannya, film ini juga telah dibuat remakenya di beberapa negara seperti Cina dengan judul The Big Shot dan India dengan judul Radhe: Your Most Wanted Bhai yang memboyong Salman Khan sebagai peran utamanya.

Peresensi adalah Buhari Hapiansyah. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Syiah Kuala. Ia juga aktif di UKM Pers DETaK.

Editor: Teuku Muhammad Ridha