Beranda Siaran Pers Kelompok KKN PA-364 Ajari Anak-Anak di Desa Lamteh

Kelompok KKN PA-364 Ajari Anak-Anak di Desa Lamteh

BERBAGI
(Dok. Panitia)
loading...

Siaran Pers | DETaK

Banda Aceh- Kuliah Kerja Nyata Tematik Merdeka Mengajar II (KKNT-MM-II) Universitas Syiah Kuala (USK) mengajak mahasiswa yang ikut untuk bisa mengabdi di desa masing-masing dan mengajar anak-anak yang belum bisa membaca, menulis, dan berhitung.

“KKN ini bertujuan agar mahasiswa yang berdomisili di tempat tinggal bisa mengajar dan membantu proses belajar anak-anak SD yang selama ini belajar secara daring,” kata Sulastri, Kepala P3KKN USK.

Kegiatan KKN kelompok PA-364 di Desa Lamteh, Banda Aceh berjalan selama sebulan dan mahasiswa yang ikut melakukan kegiatan mengajar anak-anak dari umur 5-9 tahun guna membantu anak-anak tersebut belajar selama mereka belajar secara daring.

“KKN ini sangat berguna, ya, untuk anak-anak kami yang selama ini memiliki kesulitan dalam belajar. Karena ini masih daring dan kami orang tua juga memiliki kesibukan sehingga tak bisa intensif mengajar anak-anak kami,” ujar salah satu warga di Desa Lamteh yang membawa anaknya belajar bersama mahasiswa.

Berakhir di tanggal 18 Februari 2021, pihak desa merasa sangat terbantu dengan adanya mahasiswa yang sedang mengabdi. Mereka meminta para mahasiswa ketika nanti telah lulus dari perguruan bisa kembali ke desa dan membuat desa menjadi lebih maju atau berkembang.

“Saya meminta mereka (seluruh mahasiswa) untuk kembali ketika mereka sukses nanti, karena ini juga desa tempat mereka tinggal,” ujar Muhammad Yusuf selaku Kepala Desa Lamteh.

Selain mengajar anak-anak yang membutuhkan, mahasiswa juga melakukan kegiatan gotong royong. Mereka juga membantu desa mengedukasi masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan melalui media spanduk serta mengajari anak-anak belajar mencuci tangan dengan baik dan benar.[]

Editor: Indah Latifa