Beranda Artikel My Sassy Girl, Awal Bangkitnya Sineas Perfilman Korea

My Sassy Girl, Awal Bangkitnya Sineas Perfilman Korea

BERBAGI
dok. Ist
loading...

Buhari Hapiansyah | DETaK

Sineas perfilman korea akhir-akhir ini sedang hangat dibicarakan di berbagai platform media di mancanegara. Seperti, drama berjudul Start Up yang baru-baru ini sudah selesai ditayangkan tetapi masih menjadi bahan pembicaraan menarik di kalangan masyarakat Indonesia. Namun, berkiprahnya drama korea atau sering disebut k-drama sudah populer dikalangan masyarakat Indonesia maupun mancanegara jauh sebelum munculnya drama Start Up.

Pada tahun 2001, sineas perfilman Korea merilis film berjudul My Sassy Girl. Walau sudah dirilis 19 tahun lalu, kemunculan film ini masih tetap eksis hingga sekarang. Selain itu, film besutan sutradara Kwak Jae Young ini merupakan film bertema komedi romantis terbaik yang pernah dimiliki Korea Selatan sehingga laris di pasar Asia dengan penjualan tiket terbanyak. Tidak hanya itu, film hasil adaptasi dari novel Kim Ho Sik ini juga sudah banyak di remake oleh berbagai negara seperti Amerika Serikat, Cina, dan Jepang.

IKLAN
loading...


Film My Sassy Girl menceritakan tentang seorang mahasiswa jurusan Teknik bernama Gyeon-woo yang tidak sengaja bertemu dengan gadis mabuk di sebuah stasiun kereta. Ketika di dalam kereta, si gadis tersebut memuntahkan isi perutnya kepada orang lain dan tiba-tiba pingsan. Sebelum pingsan, ia sempat mengucapkan kata sayang kepada Gyeon-woo, hal itu sontak membuat Gyeon-woo kelimpungan karena para penumpang kereta menyangka Gyeon-woo adalah pacar si gadis dan menyuruh Gyeon-woo untuk bertanggung jawab. Itu adalah awal mula dari adegan pembuka di film ini, ada hal-hal lainnya yang membuat kamu akan suka menonton film My Sassy Girl, antara lain:

Sinematografi yang Indah

Sinematografi yang ditampilkan di film ini bisa dibilang cukup halus. Hal itu bisa dilihat dari perpindahan adegan dalam film ini. Selain itu, pengambilan gambar yang ditampilkan dalam film ini lumayan ciamik hal itu bisa dilihat dari pewarnaan bernuansa abu-abu yang digunakan pada bagian-bagian tertentu film ini terutama adegan-adegan di stasiun dan juga perpaduan antara panning shoot, long shoot, close up yang dilinearkan dengan musik yang dibuat dalam film ini sungguh bagus sehingga hal tersebut memanjakan mata dan telinga ketika menonton film ini. Hal itu bisa dilihat dari lagu “I Believe” yang dilantunkan dengan manis oleh Shin Sheung Hun yang menjadi ruh film ini. Di samping itu, instrumental  lagu klasik “Pachelbel Canon” yang ditampilkan dalam suara piano, semakin memanjakan telinga penonton.

Diangkat dari Kisah Nyata

Cerita yang diadaptasi dalam My Sassy Girl merupakan cerita yang berasal dari kisah nyata dalam novel yang ditulis oleh Kim Ho Sik.

Sempat Saingi Film Titanic

Film ini sangat popular dan juga laris pada masanya. Saking populernya, film ini masuk dalam box office. Selain itu, film yang dibintangi oleh Cha Tae Hyun dan Jun Ji Hyun tersebut juga dianggap mampu bersaing dengan film Titanic.

Awal Mula Kepopuleran Jun Ji Hyun

Artis Korea kelahiran Seoul, 30 Oktober 1981 tersebut memulai karirnya sebagai aktris dalam film berjudul White Valentine pada tahun 1999. Sayangnya, film debutnya ini hanya menyedot sedikit penonton. Namun, setelah membintangi film My Sassy Girl pada 2001, nama Jun Ji Hyun mulai dikenal publik. Aktingnya yang ciamik dalam memerankan wanita mabuk, sukses ia tampilkan dalam film ini. Selain itu, banyak juga yang beranggapan bahwa Jun Ji Hyun merupakan jantung di film ini sehingga banyak yang tidak bisa membayangkan bagaimana jadinya My Sassy Girl tanpa Jun Ji Hyun. Berawal dari film ini, streotip wanita bar-bar kemudian melekat di setiap peran yang Jun Ji Hyun bawakan, seperti perannya di drama My Love From Another Star dan juga Legend Of The Blue Sea.

Memiliki Alur Cerita yang Menarik

Film ini sangat berbeda dari film-film bertema romantis korea lainnya. Biasanya, dalam film-film korea bergenre romantis, banyak ditampilkan adegan kissing. Akan tetapi, di film ini adegan kissing tidak ada, bahkan adegan berpelukan saja sangat sedikit ditampilkan. Walau demikian, kekuatan cerita romantis di film ini tetap sangat kuat. Hal ini tergambarkan dari pertemuan tidak sengaja, soundtrack yang mendukung, hingga perlakuan gadis bar-bar yang diperankan Jun Ji Hyun namun tetap memperlihatkan sisi manis saat beradu akting dengan lawan mainnya Gyeon-woo (Cha Tae Hyun). Selain itu, penceritaan yang kuat mengenai takdir dan kesetiaan menjadi ciri khas dalam menunjukkan romantika film ini.

Memenangi Banyak Penghargaan

Film My Sassy Girl yang di rilis pada 27 Juli 2001 disebut-sebut sebagai salah satu film yang sukses di Korea Selatan dan Asia. Beberapa penghargaan yang diraih film ini di antaranya:

  • Penghargaan Grand Bell untuk Aktris Terbaik Tahun 2002 yang dimenangkan oleh Artis Jun Ji-hyun
  • Penghargaan Perfilman Hong Kong untuk Film Asia Terbaik Tahun 2003
  • Penghargaan Film Blue Dragon untuk Aktor Pendatang Baru Terbaik Tahun 2001 yang dimenangkan oleh Aktor Cha Tae-hyun
  • Grand Bell Award for Best Screenplay– Adapted Tahun 2002, yang dimenangkan oleh sutradara film, Kwak Jae-yong.

Editor: Nurul Hasanah

BERBAGI