Beranda Headline Bagaimana Jika Ketua BEM Unsyiah Tahun Mendatang Dipilih oleh MPM Saja?

Bagaimana Jika Ketua BEM Unsyiah Tahun Mendatang Dipilih oleh MPM Saja?

BERBAGI
Sumber: Istimewa
loading...

Siaran Pers | DETaK

Darussalam-Pemilihan Raya (Pemira) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) tahun 2018 akan segera digelar di penguhujung tahun ini. Pemira adalah adalah pesta demokrasi bagi mahasiswa Unsyiah dalam meregenerasi kepemimpinan selama satu tahun kedepan. Setiap mahasiswa mempunyai hak satu suara untuk memilih pemimpinnya untuk menjabat sebagai Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Unsyiah. Berbeda dengan Pemira reguler sebelumnya, Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) Unsyiah tahun ini menggagas Pemilihan Ketua BEM hanya akan dipilih oleh anggota MPM sendiri.

Agusriadi, Wakil Ketua I DPM Unsyiah, dalam rilis yang diterima DETaK pada Kamis malam, 18 Oktober 2018 mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan kajian secara berkala terhadap Pemilihan Ketua BEM Unsyiah yang akan diselenggarakan tahun ini. Menurutnya, kajian tentang pemilihan Ketua BEM Unsyiah melalui MPM selayaknya dipandang sebagai hal positif untuk meminimalisir konflik yang melibatkan banyak massa.

IKLAN
loading...


“Harus diakui pemilihan langsung melalui MPM juga tidak bisa dikatakan tidak ada konflik, tapi setidaknya pemilihan dengan sistem ini mudah untuk dikontrol dan diawasi dibandingkan pemilihan langsung yang melibatkan banyak massa,” terang lelaki yang akrab disapa Agus ini.

Agus melanjutkan bahwa kajian ini lahir dari banyaknya aspirasi mahasiswa dari berbagai fakultas terkait pemilihan Ketua BEM oleh MPM Unsyiah.

“Jika kita berbicara tentang keterlibatan mahasiswa untuk memilih ketua BEM, harus dipahami bahwa mereka telah memilih wakil wakil mereka, yaitu DPMU dan DPMF yang tergabung kedalam MPM, sehingga Majelis yang memilih ketua BEM merupakan representatif perwakilan mahasiswa,” lanjut Agus

Namun, Agus juga menegaskan bahwa aspirasi tersebut hanya berlaku untuk Pemilihan Ketua BEM saja, tidak untuk DPMU.

“Yang harus dipahami disini adalah dalam hal memilih Ketua BEM Unsyiah saja, kalau untuk DPM Unsyiah itu tetap dilaksanakan Pemira seperti biasanya,” pungkas Agus.  []

Editor: Maisyarah Rita