Beranda Headline Seminar Nasional Lingkungan Awali PJTLN DETaK 2018

Seminar Nasional Lingkungan Awali PJTLN DETaK 2018

BERBAGI
Sesi pemukulan rapai sebagai simbolis pembukaan secara resmi acara Seminar Nasional Lingkungan UKM Pers DETaK Unsyiah 2018. Dari kiri ke kanan; Ade Mardinal (Alumni DETaK), Iskandar Syukrilah (Staf Ahli Gubernur), Aminullah Usman (Walikota Banda Aceh), Muhammad Nasir (Kepala Biro Kemahasiswaan Unsyiah), T.M. Zulfikar (Alumni DETaK), dan Ilham Maulana (Dosen Pembina UKM Pers DETaK Unsyiah). 6/11/18 (Novita Sary Saputri/ DETaK)
loading...

Fazrina Nabillah | DETaK

Darussalam – Seminar nasional lingkungan “Aktualisasi Peran Pemuda dalam Upaya Penyelamatan Gajah Sumatera” di Aula FKIP Baru Lantai 3 mengawali rangkaian kegiatan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PJTLN) yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pers DETaK Universitas Syiah Kuala (Unsyiah). Selasa, 6 November 2018.

Seminar ini diisi oleh Sapto Aji Prabowo (Balai KSDA Aceh), Azhar (WWF Indonesia), Irham Hudaya Yunardi (HAkA Sumatera), dan Rahmadi Rahmad (Mongabay Indonesia) sebagai pemateri, serta Wahdi Azmi sebagai moderator. Sebanyak 300 mahasiswa Unsyiah dan seluruh peserta PJTLN DETaK 2018 mengikuti seminar nasional ini.

IKLAN
loading...


Mengambil tema lingkungan, Athaillah selaku Ketua Panitia PJTLN DETaK 2018 mengungkapkan bahwa menurunnya tingkat kepedulian terhadap kondisi lingkungan menjadi latar belakang diadakannya seminar nasional lingkungan.

“Melihat kondisi alam dan kepedulian terhadap lingkungan yang semakin menurun, kita juga mengajak mahasiswa, pemuda, dan masyarakat untuk terlibat menjadi agen perbahan dalam lingkungan,” ungkapnya.

Sebagai salah satu peserta PJTLN DETaK 2018, Wulan Sari Pangestu yang berasal dari LPM Kreatif Universitas Negeri Medan menanggapi positif terkait diadakannya seminar nasional lingkungan ini.

“Menarik karena mengangkat isu lingkungan, terutama mengenai perlindungan hewan-hewan yang tinggal sedikit populasinya. Dengan adanya seminar ini, membantu pemerintah dan mengajak mahasiswa untuk menjaga lingkungan dan satwa langka,” ungkapnya.

Adapun peserta PJTLN DETaK 2018 merupakan delegasi Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) dari berbagai universitas di Indonesia, yaitu LPM Mimbar Untan dari Universitas Tanjung Pura, Ganto dari Universitas Negeri Padang , Profesi dari Universitas Negeri Makassar, Bahana dari Universitas Negeri Riau, Corong dari Universitas Muhammadiyah Makassar, Suara USU dari Universitas Sumatera Utara, Pijar dari Universitas Sumatera Utara, Kreatif dari Universitas Negeri Medan, Identitas dari Universitas Hassanudin, dan Gelora Sriwijaya dari Universitas Sriwijaya.

Seluruh peserta nantinya akan mengikuti berbagai rangkaian kegiatan PJTLN DETaK 2018 yang akan berlangsung tanggal 6 November – 11 November 2018 di tiga tempat secara bertahap, yaitu Banda Aceh, Aceh Jaya, dan Sabang.[]

Editor: Maisyarah Rita