Beranda Artikel Kenali Lebih Jauh Quarter Life Crisis

Kenali Lebih Jauh Quarter Life Crisis

BERBAGI
(Sumber: Ist)
loading...

Artikel | DETaK

Berbicara mengenai quarter life crisis, Apa sih sebenarnya artinya dan bagaimana cara mengatasinya? Quarter life crisis adalah masa ketika seseorang atau individu mulai merasa ragu dan hal itu menyebabkan kehilangan arah untuk mencapai masa depan, dan ini terjadi pada usia rentang 20-30 tahun.

Quarter life crisis salah satunya dipicu oleh mimpi atau sesuatu hal yang ingin dicapai dimasa depan, itu karena seseorang belum siap akan mimpi itu, telat untuk mencapai mimpi tersebut atau bahkan tidak yakin akan mimpi yang dikejar tersebut. Sehingga hal itu membuat mereka terombang-ambing dengan mimpi itu. Kewalahan akan menentukan pilihan merupakan faktor lain yang menyebabkan seserorang mengalami quarter life crisis.

IKLAN
loading...


Seiring dengan perkembangan teknologi dan arus globalisasi yang makin meningkat, yang mana hal tersebut menimbulkan banyak pilihan, yang jika dilihat pilihan itu memiliki banyak keuntungan, yang menyebabkan seseorang bingung dengan pilihan mereka sendiri. Selanjutnya yaitu konflik kepentingan, dimana seseorang telah yakin akan apa yang ingin dia capai, tetapi hal tersebut tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh orang lain atau bahkan orang terdekat dia sendiri, menyebabkan kebingungan untuk melajutkan apa yang diinginkan serta apa yang akan dibicarakan oleh orang lain.

Karakteristik orang yang mengalami quarter life crisis yaitu:

  • Merasa tidak cukup baik dan merasa bahwa orang lain akan selalu lebih baik dari dirinya sendiri.
  • Suka membandingkan diri sendiri dengan teman seusianya.
  • Suka menanyakan tentang keputusan yang telah diambil.
  • Cemas dengan masa masa depan serta merasa terjebak dan frustasi sama keadaan yang biasanya susah atau tidak bisa merubah itu.
  • Bingung akan tujuan hidup.
  • Rentan dan cenderung depresi.
  • Bingung untuk memeilih keluar dari zona nyaman
  • Tidak bahagia dengan pencapaian yang didapat
  • Tertekan dengan lingkungan sekitar

Kebiasaan yang dapat memicu quarter life crisis ini di antaranya:

  • Terlalu sering bermain media sosial sehingga memengaruhi pola pikir dengan cara membandingkan diri dengan orang lain.
  • Kebiasaan mengeluh yang tidak akan menyelesaikan masalah yang dikeluhkan.
  • Menutup diri dari lingkungan yang menyebabkan sulit melihat peluang dari koneksi yang dijalankan dengan orang lain.

Quarter life crisis merupakan suatu yang normal, dah bahkan ilmuan psikologi menjelaskan bahwa quarter life crisis ini memiliki dampak positif juga. Dengan quarter life crisis ini seseorang dapat menentukan life purpose yang sebenarnya dengan melakukan analisis terhadap langkah yang sebenarnya hendak dicapai

Langkah yang dapat dilakakukann untuk mengatasi quarter life crisis ini adalah dengan membuat sebuah perencanaan dengan plus-minus yang didapatkan lalu membandingkan dengan dengan keadaan sekarang ini serta rintangan apa yang akan dihadapi dengan cara mengimplementasikan untuk mencapai keinginan tersebut

Kenali diri sendiri, merupakan langkah yang dapat dilakukangan untuk mengatasi quater life crisis ini, memahami kelebihan dan kekurangan yang ada dalam diri sendiri sehingga dapat memotivasi diri sendiri untuk mencapai tujuan hidup

Tidak memendam diri sendiri, jika terjadi suatu hal atau masalah yang dirasa tidak dapat diselesaikan, mintalah bantuan keluarga, sahabat atau orang-orang yang yang dipercaya dengan cara bersama-sama mencari jalan keluar.

Penulis bernama Refly Nofril, mahasiswa Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USK, angkatan 2019. Ia juga merupakan anggota magang di UKM Pers DETaK USK.

Editor: Cut Siti Raihan

BERBAGI