Beranda Headline LPM Unsyiah & UNP Gagas Kerja Sama Media Online

LPM Unsyiah & UNP Gagas Kerja Sama Media Online

BERBAGI
Gambar Ilustrasi
loading...

Gambar Ilustrasi
DETaK |Banda Aceh – Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Detak Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh menggagas kerja sama pemberitaan media online dengan LPM Ganto Universitas Negeri Padang (UNP).

Kerja sama ini disepakati dalam pertemuan antara kedua LPM di Banda Aceh, Selasa (13/9), untuk mengembangkan media mahasiswa yang dikelola secara online disamping cetak oleh kedua lembaga pers kampus.

Pemimpin Umum LPM Detak, Reja Hidayat mengatakan, kerja sama ini digagas agar pemberitaan di media kampus yang dikelola masing-masing LPM tersebut bervariasi sehingga memberi nilai lebih bagi masyarakat kampus serta untuk meningkatkan lagi kapasitas jurnalis kampus.

loading...

“Kami misalnya, konsen di pemberitaan tentang Unsyiah, begitu juga dengan Ganto yang konsen dengan isu-isu di kampusnya UNP. Dengan adanya kerja sama ini kami bisa saling tukar berita, namun tetap menyebut sumber beritanya sesuai etika jurnalistik,” katanya.

Antara Sumetera Barat (Sumbar) dan Aceh diakuinya memiliki hubungan erat secara budaya sejak dulu sehingga kerja sama ini diharapkan semakin memperkuat hubungan antarmahasiswa kedua provinsi itu.

Di Unsyiah, aku Reja, banyak mahasiswa asal Sumbar yang menuntut ilmu, begitu juga dengan Perguruan Tinggi di Sumbar, diyakini banyak mahasiswa asal Aceh. Di mana mereka dinilai membutuhkan informasi terbaru tentang kampung asal mereka.

Reja mengatakan, situs berita kampus yang dikelola LPM menjadi media alternatif bagi warga tentang hal-hal diabaikan oleh media komersil, khususnya informasi tentang kegiatan-kegiatan di kampus.

Menurut Reja, hubungan LPM Detak dengan LPM Ganto selama ini sangat baik. Mereka selalu saling kirim tabloid-tabloid yang diterbitkan masing-masing LPM. Hal itu juga dilakukan dengan LPM lainnya di Indonesia.

Di tengah minimnya perhatian pihak rektorat terhadap pengembangan media kampus di Unsyiah, kata Reja, LPM Detak kini sedang berupaya untuk fokus pada pemberitaan media online karena biayanya lebih murah ketimbang mencetak tabloid.

Sementara Pemimpun Umum LPM Ganto, Sari menyambut baik gagasan ini dan mereka akan membahas kembali teknisnya sekembali ke Sumbar nanti.

Sekira 20 pegiat LPM Ganto melakukan kunjungan kerja sekaligus silaturrahmi ke LPM Detak Unsyiah sejak kemarin. Selain menginap di sana, mereka juga bertukar pikiran soal pengelolaan media kampus.

Di sela kunjungan, mereka menyempatkan diri bersilaturrahmi ke LPM Lensa Universitas Muhammadyah Banda Aceh, sekolah Muharram Journalism College serta beberapa media lokal yang terbit di Banda Aceh. (rhs)
Sumber : okezone