Beranda Feature Taman Pala Indah, Ikon Baru Kota Tapaktuan yang Hits

Taman Pala Indah, Ikon Baru Kota Tapaktuan yang Hits

BERBAGI
RTH Taman Pala Indah, 26/2/2021. (Shella Agustia Putri [AM]|DETaK)
loading...

Shella Agustia Putri [AM] | DETaK

Tapaktuan – Kota Naga, begitulah julukan Kota Tapaktuan yang terletak di Kabupaten Aceh Selatan yang terkenal dengan legenda Tuan Tapanya. Kota dengan penghasil pala terbesar di Aceh ini memiliki banyak destinasi wisata yang menarik minat banyak orang, tidak hanya destinasi wisata yang memang terbentuk oleh takdir alam, tetapi juga ada yang dibentuk oleh tangan manusia, yaitu Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Pala Indah. Taman Pala Indah adalah hasil dari Reklamasi Pantai yang dilakukan oleh pemerintah setempat sejak 8 tahun lalu.

Letak taman yang sangat strategis yaitu dekat dengan pusat kota dan di pinggir laut tepat menghadap luasnya Samudra Hindia memberikan suasana syahdu yang memanjakan pengunjung kala duduk memandangi ombak-ombak kecil yang pecah di ujung tanggul. Menanti sunset sembari menyantap jagung bakar adalah paduan yang serasi ketika menikmati keindahan bentangan samudra di depan mata. Bukan hanya panorama laut yang didapati, tapi pengunjung juga dapat melihat perahu para nelayan yang pulang-pergi menjemput rezeki.

IKLAN
loading...


Hamparan rumput hijau, pohon-pohon ridang dan berbagai tanaman hias menambah asrinya Taman Pala Indah yang elok dipandang oleh mata, membuat pengunjung betah menghabiskan waktunya disini. Tak hanya kehijauan tempat ini yang membuat orang menjatuhkan pilihannya kesini, tapi juga adanya berbagai sarana olahraga, tempat bermain anak, banyaknya cafe dan pedangang yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman yang dapat dinikmati oleh siapa saja dan kapan saja.

Hingga malam hari pun, tempat ini tak sepi dari pengunjung karena diterangi lampu-lampu yang tersebar di setiap titik, sehingga kecil kemungkinan terjadinya hal-hal yang dilarang dalam adat dan agama.

Taman Pala Indah dapat dikatakan sebagai ikon baru kota Tapaktuan, yang mana rasanya tidak sah jika tak singgah untuk berkeliling dan mengambil foto sebagai bentuk kenangan bahagia. Semua lokasi di taman ini sangat worth it untuk dijadikan latar foto. Banyak lokasi yang sudah dihiasi dengan hiasan warna-warni melengkapi kesan hijau yang kuat antara rerumputan dan rimbunan pepohonan.

Bimo Rakasiwi masyarakat Tapaktuan yang setidaknya dua kali dalam seminggu menginjakkan kaki di taman ini mengatakan bahwa Taman Pala Indah adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi oleh turis luar daerah ketika berlibur ke Tapaktuan karena terjaganya kebersihan dan kerapian tata letak fasilitas yang disediakan.

“Biasanya saya datang kesini untuk refreshing aja, setelah banyak kegiatan yang dijalani tiap waktu jadi sering kesini keliling-keliling atau duduk di tanggul sambil ngemil, soalnya disini tempatnya nyaman, bersih, sejuk juga,” ungkap Bimo.

Disudut lain, dekat dengan wahana bermain anak-anak, terdapat seorang ibu sedang mengawasi anak perempuannya yang riang gembira bermain ayunan. Erlina Wardisah, wanita 32 tahun yang setiap minggu menyepatkan waktu untuk membawa anaknya bermain di taman ini mengatakan bahwa taman ini menjadi pilihan utamanya untuk menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga.

“Disini banyak jenis wahana permainan untuk anak-anak, ada hamparan rumput yang cukup luas juga untuk anak-anak bisa bermain. Biasanya saya membawa anak saya pada pagi minggu karena udara pagi disini fresh sekali, banyak pohonnya,” ungkap Erlina Wardisah.

Semua kalangan dapat merasakan manfaat dari adanya taman yang serbaguna ini. Tiada hari tanpa pengunjung, taman ini seperti magnet yang menarik setiap orang untuk menghabiskan waktunya disini. Bagaimana tidak? Tempat ini terlalu sempurna jika hanya dihabiskan untuk duduk-duduk saja. []

Editor : Sri Elmanita S