Beranda Artikel Bukan NoonGil ‘Start-Up’, Tapi Be My Eyes

Bukan NoonGil ‘Start-Up’, Tapi Be My Eyes

BERBAGI
Ist.
loading...

Siraj Defara [AM] | DETaK

Bireuen- Bertepatan dengan Hari Disabilitas Internasional atau International Day of People with Disability (IDPwD) ke-28 yang jatuh pada tanggal 3 Desember 2020, Be My Eyes hadir untuk membantu para penyandang tunanetra di mana pun dan kapan pun. Aplikasi ini dibuat oleh perusahaan pengembang aplikasi Robocat asal Denmark atas hasil kerjasama dari komunitas penyandang tunanetra dan penglihatan terbatas di seluruh dunia.

Bagaimana sih cara kerjanya? Ketika penyandang tunanetra meminta bantuan melalui aplikasi, Be My Eyes mengirimkan pemberitahuan ke berbagai relawan. Aplikasi ini bekerja dengan memasangkan pengguna dengan relawan yang dapat melihat berdasarkan bahasa dan zona waktu. Relawan pertama akan menjawab permintaan dengan terkoneksi pada spesifik pengguna dan menerima video langsung menggunakan kamera depan dari smartphone pengguna. Koneksi audio mengizinkan pengguna dan relawan untuk menyelesaikan tugas bersama. Sebagai aplikasi yang ditujukan untuk pengguna tunanetra, bantuan penglihatan disediakan lebih dari 180 bahasa oleh lebih dari sejuta relawan.

IKLAN
loading...


Selain itu, kita bisa menggunakan Be My Eyes untuk keperluan apapun yang memerlukan bantuan secara visual. Ada banyak contoh umum bagaimana orang menggunakan aplikasi ini, seperti menemukan barang hilang atau terjatuh, menjelaskan gambaran, lukisan, atau seni lainnya, mencocokkan atau menjelaskan warna, membaca label, memperbaiki masalah seputar komputer, belanja barang kebutuhan sehari-hari, mengetahui tanggal kadaluwarsa produk makanan, pengenalan dengan lingkungan baru atau menjelajahi tempat baru, membedakan barang-barang yang berbeda, hingga mengetahui kedatangan dan keberangkatan kendaraan umum.

“Salah satu hal penting yang mengubah hidup saya melalui Be My Eyes adalah saya tidak harus selalu menunggu orang dengan penglihatan baik datang. Jadi sekarang saya sangat tidak bergantung sejauh ini, dan saya mendapat informasi kapan pun saya membutuhkannya,” ungkap Nobert, pengguna tunanetra asal Swiss yang memberi ulasan di situs resmi Be My Eyes.

Nah, bagi Anda yang memiliki penglihatan yang baik, anda bisa lho menjadi relawan dengan mendaftar terlebih dahulu. Jangan khawatir jika Anda sedang sibuk ketika menerima panggilan karena relawan lain akan mengangkat panggilan tersebut. Anda juga tidak perlu membuka aplikasi untuk menerima panggilan, panggilan akan datang selama Anda masuk ke akun Be My Eyes yang Anda miliki.

“Hal ini membuat saya bahagia bahwa saya berada dalam situasi itu, ketika saya bisa membantu orang lain khusunya seseorang yang tidak pernah saya temui sebelumnya, tidak akan pernah bertemu, mereka tidak akan pernah menemui saya. Anda tahu bahwa sesuatu yang Anda lakukan adalah hal sederhana yang bisa mengubah hidup seseorang pada saat itu,” ujar Jon, relawan asal Amerika Serikat di situs resmi Be My Eyes.

Aplikasi ini telah mendapatkan beberapa penghargaan bergengsi, seperti Dubai Expo 2020 Global Innovator, CER Prize 2017 di Helsinki dan World Summit Awards 2017 di Wina.

Pelayanan Be My Eyes gratis untuk digunakan dan hanya membutuhkan koneksi internet, Anda bisa mengunduhnya secara gratis di App Store dan Google Play. Selamat mencoba!

Editor: Missanur Refasesa

BERBAGI