Beranda Siaran Pers GenBI USK Peduli Covid Salurkan Bantuan Bagi Pelaku UMKM di Bidang Transportasi

GenBI USK Peduli Covid Salurkan Bantuan Bagi Pelaku UMKM di Bidang Transportasi

BERBAGI
Dokumentasi Program Genbi USK Peduli Covid. 29/07/21. (Dok. Panitia)

Siaran Pers | DETaK

Darussalam- Generasi Baru Indonesia atau disingkat GenBI di bawah naungan Bank Indonesia terus gencar dalam melaksanakan misinya menjadi garda terdepan dalam melakukan aksi nyata untuk berkontribusi dalam pemberdayaan masyarakat, terlebih kondisi sosial masyarakat yang semakin rapuh akibat dampak dari pandemi Covid-19.

Pandemi Covid yang telah berlangsung hampir 2 tahun ini telah menggoyahkan banyak aspek kehidupan masyarakat Aceh baik itu dari segi ekonomi, sosial, kesehatan, dan memaksa masyarakat untuk mengikuti adaptasi pola hidup yang baru. Adaptasi dan segala aturan baru pun menjadi alasan sulitnya melakukan transaksi jual beli bagi pelaku usaha di Aceh, belum lagi kebijakan PPKM yang juga ikut memperlambat mobilitas laju pertumbuhan ekonomi bagi UMKM masyarakat Aceh.

Menyikapi persoalan tersebut, GenBI Aceh menghadirkan program-program yang meningkatkan pemberdayaan masyarakat salah satunya program GenBI Peduli Covid yang digagas oleh GenBI Aceh serta diikuti oleh 7 komisariat GenBI Aceh yaitu GenBI Universitas Syiah Kuala, GenBI UIN Ar-Raniry, GenBI Universitas Teuku Umar, GenBI Universitas Abulyatama, GenBI Universitas Muhammadiyah Aceh, GenBI Universitas Politeknik Aceh dan GenBI Universitas Aceh Selatan. Kegiatan ini dilaksanakan di tujuh lokasi yang berbeda dengan dana yang diberikan oleh Bank Indonesia sendiri berjumlah 3 juta rupiah per komisariat yang berada di Aceh.

GenBI USK sendiri melaksanakan kegiatan ini pada hari Kamis, 29 Juli 2021, secara offline. Dalam artian delegasi penyelenggara terjun ke lapangan membagikan paket bantuan Covid langsung kepada penerima dengan target penerima bantuan adalah para tukang becak dan pelaku usaha di bidang transportasi di sekitaran wilayah Darussalam, Banda Aceh. Tepat Kamis siang lalu, (29/07/2021) donasi tersebut berhasil disalurkan kepada 50 tukang becak dengan 50 paket sembako berisikan paket pangan seperti gula, minyak, mie instan, roti dan alat penunjang kebutuhan hidup lainnya.

Program GenBI Peduli Covid ini dikoordinasikan langsung oleh Muhammad Hafiz Aulia sebagai penanggung jawab program sekaligus sekertaris GenBI komisariat USK beserta teman-teman anggota GenBI USK lainnya yang ikut berpartisipasi terjun kelapangan. Seluruh rangkaian kegiatan program GenBI Peduli Covid oleh komisariat GenBI USK ini dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan.

Panitia yang terjun ke lapangan pun ikut dibatasi mengingat kegiatan yang dilaksanakan masih dalam masa PPKM dan diawasi dengan ketat agar tidak memicu keramaian. Untuk menghindari adanya kerumunan saat penyaluran bantuan paket sembako ini, panitia penyelenggara mengarahkan pemberian bantuan melalui mobil dilaksanakan dengan tertib.

“Memang sesuai prediksi kami ya, sangat tepat sasaran kami menyalurkan kepada para tukang becak. Karena dalam pelaksanaan PPKM Mikro ini di tengah pandemi Covid-19, memang sangat sepi penumpang bahkan hampir tidak ada sama sekali dalam sehari. Belum lagi bersaing dengan transportasi ojek online juga merupakan tantangan yang luar biasa bagi para tukang becak. Oleh karenanya tidak banyak di antaranya yang sangat merasa bersyukur dan berterima kasih kepada BI terkhususnya, dan adik-adik GenBI yang telah berupaya dalam membantu para tukang becak dalam meringankan sedikit beban,” ujar Hafiz, selaku koordinator program.

Pemberian bantuan ini merupakan salah satu wujud kepedulian GenBI Aceh terhadap masyarakat Aceh yang saat ini terdampak Covid-19, dengan harapan bantuan ini mampu menunjang kebutuhan hidup para pelaku usaha yang sedang mengalami krisis ekonomi di tengah pandemi yang kian memburuk. Tampak beberapa penerima bantuan terlihat sangat antusias dan berterimakasih kepada teman-teman GenBI USK yang telah menyalurkan bantuan kepada mereka.[]

Editor: Indah Latifa