Beranda Feature Pantai Cemara Indah Kota Naga

Pantai Cemara Indah Kota Naga

BERBAGI
Suasana Pantai Cemara Indah. (Dok. Pribadi)
loading...

Mella Agustia [AM] | DETaK

Aceh Selatan, Kota Naga yang sering dijuluki sebagai daerah 1001 legenda. Kota yang dikenal dengan adat budaya yang beragam, makanan khas, legenda, suku, dan objek wisatanya. Aceh Selatan menyajikan keasrian alam yang indah baik dari pegunungannya maupun lautnya.

Salah satu objek wisata yang cukup terkenal di Aceh Selatan setelah objek wisata utamanya Tapak Tuan Tapa adalah Pantai Cemara Indah. Pantai yang terletak di salah satu desa yang ada di Aceh Selatan tepatnya di desa Ujung Batee, Kecamatan Pasie Raja, Kabupaten Aceh Selatan. Selain pantainya yang indah, Desa Ujung Batee juga telah menerima penghargaan sebagai desa terbaik se-Aceh Selatan.

IKLAN
loading...


Pantai yang tidak jauh dari pusat kota Tapaktuan ini menjadi daya tarik bagi pelancong, baik dari dalam maupun luar daerah. Bahkan pantai ini juga pernah dijadikan tempat syuting film oleh artis dari Ibukota Jakarta. Hamparan pohon cemara di sepanjang bibir pantai, pemandangan biru laut dengan gelombang tujuhnya menambah daya tarik bagi setiap wisatawan yang datang.

Selain itu, pantai ini juga menyediakan warung-warung untuk wisatawan yang ingin makan, minum atau hanya sekadar duduk santai menikmati matahari terbenam. Di bagian selatan pantai juga terdapat lapangan balap motor cross yang biasanya digunakan untuk event-event besar motor cross, di sampingnya juga terdapat lapangan bola yang cukup besar dan biasanya juga digunakan sebagai arena bertanding baik itu oleh pemuda kampung maupun orang luar, disampingnya lagi juga terdapat lapangan bola voli dan juga takraw kemudian baru disuguhkan dengan jajaran warung milik warga Desa Ujung Batee sendiri.

Suasana pantai di malam hari. (Dok. Pribadi)

Wisatawan datang silih berganti setiap hari terutama pada Sabtu dan Minggu. Pada hari-hari besar seperti lebaran, akhir tahun atau awal tahun biasanya pengunjung akan semakin banyak. Biasanya pada hari besar juga akan ada Polantas (Polisi Lalu Lintas) guna mengatur jalannya lalu lintas sehingga memungkinkan minimnya kecelakaan yang akan terjadi. Namun, akibat dari efek pandemi objek wisata ini pernah ditutup beberapa waktu lalu dalam jangka waktu yang cukup lama guna mematuhi protokol kesehatan. Desa tidak membenarkan orang luar daerah untuk masuk atau berkunjung ke pantai ini, jalan utama menuju pantai ini ditutup dan hanya ada jalan pintas untuk masyarakat desa keluar masuk pantai.

Ada juga wisatawan yang datang untuk menyalurkan hobinya seperti mengambil foto dan membuat video, karena warung-warung yang ada di pantai Cemara indah sudah difasilitasi dengan tempat-tempat berfoto yang dihias sedemikian rupa oleh masing-masing pemilik warung dan semua itu disediakan secara gratis jadi pengunjung bisa sesuka hati menikmatinya, selain itu di pantai Cemara indah ini juga dilengkapi dengan kolam renang untuk anak-anak mandi dengan memasang tarif hanya lima ribu perorangan. Pondok yang disediakan juga bermacam-macam mulai dari pondok biasa saja sampai dengan pondok besar bertingkat sehingga kita bisa melihat dengan lebih jelas keindahan pantai Cemara indah dari ketinggian sekitar 50 meter di atas permukaan laut. Dan tak lupa di beberapa warung juga menyediakan fasilitas untuk berkaraoke.

Namun tak luput juga jajaran pihak pengurus desa juga menyokong Fasilitas Umum lainnya di Pantai cemara Indah Gampong Ujung Batee yang dikelola Oleh BUMg Bungong Seulanga Gampong Ujung Batee, seperti pembuatan jalan utama menuju pantai, dibentuknya tim kebersihan pantai, dan juga terdapat satpam pantai yang ditugaskan untuk menjaga keamanan dan ketertiban pantai, ini merupakan beberapa fasilitas umum yang dikelola oleh BUMG Bungong Seulanga Gampong Ujung Batee.

Hanafiah, salah satu pemilik warung mengatakan bahwa Pantai Cemara Indah merupakan suatu berkah dan ladang untuk mengais rezeki, dengan potensi keindahan pantainya sangat memungkinkan untuk pantai Cemara indah semakin maju kedepannya dan semakin menjadi primadona wisata di Aceh Selatan.

“Semua fasilitas yang kami sediakan disini menggunakan duit pribadi, makanya fasilitas yang disediakan oleh tiap-tiap warung berbeda, karena berdasarkan berapa besar dana yang kami punya untuk membuat warung kami. Orang yang punya banyak duit Otomasis warungnya lebih besar dan lebih bagus, bagi yang dananya terbatas maka warungnya juga akan se-alakadarnya saja,” ujarnya.

Salah satu pengunjung bernama Tia juga mengatakan bahwa Pantai Cemara Indah ini merupakan pilihan yang sangat tepat untuk menghabiskan waktu bersama teman atau hanya sekadar untuk duduk-duduk saja.

“Nyaman aja kalo udah datang ke sini, suara ombaknya bikin hati dan pikiran jadi tenang apa lagi kalau matahari terbenam sungguh pemandangan yang sangat indah. Saya biasanya ke sini cuma buat nongkrong sama teman aja kadang sesekali juga dengan keluarga. Semoga Pantai Cemara Indah ini terus maju dan semakin berkembang sehingga makin banyak dikenal oleh orang luar daerah,” tuturnya.[]

Editor: Cut Siti Raihan

BERBAGI