Beranda Artikel 9 Tips Menjaga Kekebalan Tubuh di Era New Normal

9 Tips Menjaga Kekebalan Tubuh di Era New Normal

BERBAGI
Ilustrasi oleh (Indah Lisdian [AM] | DETaK)
loading...

Artikel | DETaK

Tubuh manusia dilengkapi dengan sistem imun yang berperan penting dalam melawan infeksi, termasuk infeksi virus corona. Saat masuk ke tubuh, virus corona akan menempel di dinding sel-sel saluran napas dan paru-paru, lalu mengembangkan infeksi. Proses ini akan terdeteksi oleh sistem imun, yang kemudian membentuk antibodi untuk melawan virus tersebut.

Itulah sebabnya, dalam upaya pencegahan penularan virus corona, penting untuk selalu menjaga sistem imun tubuh tetap kuat, terutama di era new normal seperti sekarang ini.

Untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh, kamu bisa mengikuti tips-tips berikut.

1. Istirahat yang cukup

Menurut National Sleep Foundation, seorang manusia dewasa setidaknya membutuhkan waktu untuk tidur selama lebih kurang 7-9 jam dalam sehari. Maka dari itu, istirahat yang cukup merupakan cara simpel saat proses meningkatkan imun tubuh.

Perlu diingat, bahwa tanpa tidur cukup dalam sehari, tubuh tidak akan bisa memproduksi sitokin dalam jumlah banyak. Sitokin merupakan sejenis protein yang digunakan untuk melawan infeksi serta peradangan kemudian secara efektif akan menciptakan respon imun tubuh.

2. Konsumsi makanan bergizi seimbang

Gizi yang seimbang merupakan susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi dengan jumlah serta jenis tertentu sesuai kebutuhan tubuh. Contoh makanan yang bergizi seimbang yaitu daging, telur, kacang-kacangan, tahu, dan lain sebagainya.

3. Perbanyak makan buah dan sayur


Untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh, perbanyaklah konsumsi buah dan sayur. Penelitian menunjukkan, orang yang banyak mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut cenderung tidak mudah sakit. Hal ini karena vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Jenis buah yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh adalah buah yang kaya akan vitamin dan mineral, misalnya guava.

Menurut dr. Reisa, sayur dan buah-buahan merupakan sumber vitamin, serat, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Terlebih dalam menghadapi pandemi seperti ini.

“Vitamin yang direkomendasikan dalam masa pandemi, seperti ini adalah vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, E. Konsumsi mineral seperti zinc, selenium, dan zat besi sangat penting,” sarannya.

4. Perbanyak minum air putih


Dalam sehari, setidaknya manusia harus mengkonsumsi air sebanyak dua liter atau lebih. Hal itu dapat membantu meningkatkan imun tubuh agar tidak membuat metabolisme menjadi turun sehingga memiliki potensi tertular virus.

5. Rutin berolahraga

Pada studi yang dipublikasikan dalam Journal of Sport and Health Science, dikemukakan bahwa aktivitas fisik atau olahraga rutin terbukti mampu meningkatkan sistem imun dan meredakan peradangan dalam tubuh. Jadi, sempatkanlah waktu setiap harinya untuk berolahraga ringan, setidaknya selama 30 menit dalam sehari.

6. Hindari stres

Stres dapat meningkatkan produksi hormon kortisol, yang kemudian mengganggu kerja sistem imun tubuh dalam melawan infeksi. Jadi, sebisa mungkin coba kelola stres dengan baik agar sistem imun bisa terjaga dengan cara melalukan aktivitas hobi, olahraga ringan ataupun bersosialisasi dengan teman dan masyarakat sekitar.

7. Berjemur

Sinar matahari mengandung vitamin D yang sangat diperlukan untuk meningkatkan imun tubuh. Menurut salah satu dokter spesialis kulit RSUD Dr. Moewardi Surakarta, seseorang dapat meningkatkan kekebalan tubuh jika terkena paparan sinar matahari pada jam 08.00-09.00. Intensitas waktu yang diperlukan untuk berjemur juga tidak perlu lama-lama. Cukup 10-15 menit saja setiap kali melakukan kegiatan tersebut. Akan tetapi harus dilakukan rutin kurang lebih 2-3 kali dalam seminggu

8. Konsumsi suplemen secara rutin

Terkadang, mengikuti tips menjaga sistem imun tubuh yang telah dipaparkan tadi bisa saja belum cukup. Mengingat sistem imun memang tidak selalu dalam kondisi optimal. Oleh karena itu, kamu perlu mengonsumsi suplemen untuk menunjang kekuatan sistem imun tubuh.

9. Hindari rokok dan alkohol

Paparan asap rokok dan alkohol secara berlebih dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Perokok memiliki risiko tinggi untuk mengalami infeksi paru, seperti bronkitis dan pneumonia. Sementara untuk perokok yang juga pecandu alkohol, risiko untuk terkena infeksi paru akan semakin besar.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh di era new normal. Meningkatkan kekebalan tubuh bukan hanya untuk mencegah virus corona tetapi juga dapat mencegah virus-virus lain yang dapat menyerang tubuh kita. Oleh karena itu, lindungi kesehatan tubuhmu agar imunitas tubuh terus meningkat.

Penulis bernama Indah Lisdian, mahasiswa Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Universitas Syiah Kuala, angkatan 2019. Ia merupakan salah satu anggota magang di UKM Pers DETaK.

Editor: Indah Latifa