Beranda Headline KKN Tematik III Semester Genap 2021 Dibuka

KKN Tematik III Semester Genap 2021 Dibuka

BERBAGI
Surat edaran tentang KKN Tematik III Semester Genap tahun 2021 Unsyiah
loading...

Missanur Refasesa | DETaK

Darussalam- Pendaftaran Kuliah Kerja Nyata (KKN) kembali dibuka mulai tanggal 6 s.d. 12 Januari 2021 dan masih mengusung tema KKN Tematik. KKN Tematik 2021 hanya dilaksanakan di Provisi Aceh selama sebulan mulai tanggal 18 Januari hingga 18 Februari 2021. KKN semester genap ini mensyaratkan beberapa hal bagi para calon peserta KKN diantaranya:

1. Terdaftar pada program studi S1 di lingkungan Universitas Syiah Kuala
2. Telah lulus minimal 100 SKS
3. Semua biaya ditanggung peserta
4. Mematuhi protokol kesehatan (Covid-19)

IKLAN
loading...


Sulastri, Ketua Pusat Pengembangan Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (P3KKN) mengatakan mahasiswa yang berada di luar Aceh diperbolehkan mengikuti KKN di tempat domilisi mereka dengan pertimbangan harus melakukan karantina ketika kembali ke Aceh mengingat ada kegiatan praktikum yang akan dilakukan secara offline.

“Mungkin untuk mahasiswa di luar Aceh nanti kami akan sosialisasi melalui daring supaya mereka jelas apa yang mau ditanyakan,” ujar Sulastri saat dihubungi via WhatsApp, Selasa 5 Januari 2021

Pelaksanaan KKN akan difokuskan pada penguatan pembelajaran di masa pandemi dan program tambahan yang sesuai dengan bidang studi mahasiswa.

“Karena permasalahan utama anak-anak banyak ketingalan pelajaran, jadi kita perlu bantu di situ,” sambung Sulastri.

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan beberapa waktu lalu oleh P3KN, jumlah mahasiswa yang berasal dari provinsi Aceh dan memenuhi persyaratan sebanyak 1.581 mahasiswa, sedangkan yang berasal dari luar Aceh berjumlah 109 orang. Menurut Sulastri, saat pendaftaran KKN jumlah tersebut bisa bertambah atau berkurang.

“Mungkin kan nggak semuanya isi survey, kita kalau ada 100 orang juga kita buka kan ini untuk mempercepat kelulusan mahasiwa,” ujarnya.

Sulastri mengatakan bedasarkan hasil diskusi, mahasiswa yang akan mengikuti KKN tidak perlu menyiapkan surat hasil rapid test.

Saat ini Universitas Syiah Kuala (USK) sedang mengembangkan kurikulum KKN untuk mengakomodir merdeka belajar kampus merdeka. Nantinya akan ada KKN dengan mata kuliah lain yang bernilai sama dengan 20 SKS mata kuliah yang dilaksanakan satu semester di kampung domisili mahasiswa.[]

Editor: Indah Latifa