Beranda Artikel Tips Sehat Jaga Lapar dan Haus saat Puasa

[DETaR] Tips Sehat Jaga Lapar dan Haus saat Puasa

BERBAGI
Ilustrasi. (Febby Andriyani/DETaK)

Mella Agustia | DETaK

Pada dasarnya berpuasa memanglah suatu perintah Allah kepada kita untuk menahan lapar dan haus ketika berpuasa, namun tidak hanya sebatas menahan lapar dan haus berpuasa juga dianjurkan menahan diri dari hawa nafsu dan lebih mendekatkan diri kepada allah dengan memperbanyak ibadah.

Hal yang sangat lumrah jika kita merasakan lapar dan haus pada bulan puasa., namun di balik lapar dan haus tersebut terdapat hikmah yang sangat luar biasa. Tidak hanya mendapatkan pahala tapi juga bisa menjaga Kesehatan tubuh, seperti halnya jantung. Dengan berpuasa tubuh dapat mengurangi tekanan darah, sehingga menurunkan risiko aterosklerosis yaitu kondisi dimana terjadinya penyempitan dan pengerasan di dalam pembuluh darah arteri akibat pengendapan kolesterol dan zat-zat lemak lainnya.

IKLAN
loading...


Dalam berpuasa jam tidur akan berkurang dari biasanya, inilah yang juga menjadi salah satu penyebab rasa lapar dan haus menyerang saat bulan puasa, berikut beberapa tips untuk menahan rasa lapar dan haus saat bulan Ramadan.

Tips Sehat Menahan Lapar dan Haus saat Bulan Ramadan

  1. Kurangi Makanan Asin saat Sahur

Saat sahur upayakan untuk menghindari makanan yang mengandung banyak sodium. Kelebihan sodium akan membuat dehidrasi karena ginjal akan menarik cadangan air di dalam tubuh.

2. Jangan Minum Kafein

Kafein bersifata diuretik, yaitu mempercepat pembentukan urine sehingga menyebabkan sering buang air kecil, maka secara tidak langsung tubuh akan lebih cepat kehilangan cairannya dan terjadi dehidrasi.

3. Batasi Asupan Manis dan Minyak saat Berbuka

Mengkonsumsi makanan manis memang dianjurkan namun tidak boleh berlebihan karena bisa menyebabkan rasa Lelah dan mengantuk, sehingga menyebabkan tubuh kurang fit Ketika harus menahan lapar dan haus seharian.

4. Hindari Rebahan Seharian

Puasa bukan menjadi ajang untuk bermals-malasan. Banyak yang bisa dilakukan namun jangan terlalu dipaksakan, karena saat tubuh hanya dipakai untuk bermalas-malsan maka akan memicu rasa bosan dan lapar yang berlebihan.

5. Perbanyak Serat dan Protein

Agar badan tetap bugar maka usahakan mengkonsumsi makanan yang tinggi serat dan protein karena akan menunjang kebugaran tubuh. Pilihlah buah-buahan dengan kandungan air yang tinggi, sementara itu protein yang tinggi untuk menjaga metabolisme tubuh agar tetap stabil.

Perhatikanlah pola makan saat berpuasa agar tubuh senantiasa sehat dan mudah dalam beraktifitas dan beribadah. Maka lakukanlah tata cara yang benar sehingga puasa akan lebih banyak memberikan manfaat yang positif bagi jasmani maupun rohani.[]

#30HariBercerita