Beranda Artikel Kandungan Kalori dalam Kue Lebaran

[DETaR] Kandungan Kalori dalam Kue Lebaran

BERBAGI
Ilustrasi. (Hanifah Safitri/DETaK)

Rifdah Afifah Bardan | DETaK

Bulan Ramadhan merupakan bulan suci di mana seluruh umat Islam diwajibkan berpuasa. Beberapa hari lagi seluruh umat Muslim menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 H. Lebaran sangat identik dengan kue lebaran. Setiap rumah pasti menyajikan kue lebaran dengan ciri khas masing-masing.

Ada beberapa kue yang sangat popular di tengah masyarakat, seperti kue nastar, kastangel, dan chocochips cookies. Selain memiliki rasa yang enak, cara pembuatan kue yang mudah serta bahan yang ekonomis menjadi pertimbangan tersendiri bagi tuan rumah. Jika melihat sekilas, ingin rasanya nyicip-nyicip semua jenis kue, eh lama-lama jadi ketagihan nih.

Tahukah sobat DETaR bahwasannya hanya dengan ngemil kue lebaran tanpa sadar dapat memenuhi kalori harian kita, loh. Kue nastar dengan berat rata-rata 10 gram mempunyai 51,2 kkal. Kalau dikonsumsi 10 butir mempunyai 512 kkal. Para penggemar keju gak ketinggalan nih, ada kastangel yang mengandung 55 kkal tiap 10 gram. Kalau dikonsumsi 10 butir mempunyai 550 kkal. Eitss, gak lupa para pecinta coklat, chocochips cookies mengandung 422 kkal tiap 100 gram.

Jika kebutuhan kalori pria 2550-2650 kkal dan pada Wanita 2150-2250 kkal maka dengan memakan 150 gram tiap jenis kue/ hari sudah memenuhi kebutuhan kalori harian. Belum lagi lontong, opor, rendang, kerupuk dan aneka kue bolu lainnya. Makanlah sesuai kebutuhan masing-masing karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, ya, sobat.[]

#30HariBercerita