Beranda Headline MJC-AJI Banda Aceh Roadshow Jurnalistik Pidie dan Pidie Jaya

MJC-AJI Banda Aceh Roadshow Jurnalistik Pidie dan Pidie Jaya

BERBAGI
loading...

Siaran Pers | DETaK

Banda Aceh – Muharram Journalism College (MJC) melangsungkan roadshow atau tour kegiatan ke berbagai sekolah di Aceh. Lembaga yang didirikan Alinsi Jurnalis Independen (AJI) Banda Aceh ini kali menyambangi Pidie dan Pidie Jaya, Sabtu (6/10) ini.

Pelatihan jurnalistik keliling yang berlangsun di SMA Negeri 2 Bandar Baru, Pidie Jaya ini serangkaian kegiatan yang berlangsung sejak 2011 lalu. Setelah Aceh Utara dan Aceh Barat, Pidie Jaya dipilih sebagai tuan rumah pelatihan jurnalistik menghadirkan empat pemateri dari kalangan jurnalis. Agenda ini akan berlangsung 6-8 Oktober 2012 dengan sistem pembelajaran teori dan praktek lapangan. Pelatihan jurnalistik dasar ini diikuti 25 siswa SMA utusan dari 10 sekolah yang ada di dua wilayah tersebut.

IKLAN
loading...


Sejumlah pemateri akan hadir langsung dalam roadshow itu. Mereka adalah Nurnihayati, mantan kepala biro Serambi Indonesia Sigli, Adi Warsidi, wartawan Majalah Tempo, Taufik Al-Mubaraq, blogger dan mantan redaktur Harian Acceh, dan Mukhtaruddin Yakob, kepala sekolah MJC. Keempat pemateri akan tampil secara terpisah akan mengisi materi Jurnalistik dan praktek menulis.

Secara khusus, materi majalah dinding serta blogging yang menjadi kebutuhan dasar sekolah dirangkai dengan praktek menulis dan melaporkan berita.

Roadshow Jurnalistik ke sekolah adalah bagian dari sosialisasi jurnalistik dan etika kepada siswa sebagai generasi penerus. Selain di Pidie Jaya, roadshow yang didanai Development and Peace (DnP) Kanada ini akan berlangsung di Langsa, Takengon, dan Tapaktuan selama kurun waktu akhir 2012 mendatang. “Kita ingin perkenalkan jurnalistik, sekaligus mengasah minat menulis siswa. Kegiatan ini sebagai bentuk tanggung jawab organisasi pers dan jurnalis kepada masyarakat,” ujar Mukhtaruddin Yakob. []