Beranda Artikel Mesin Pencari Penyumbang Pohon

Mesin Pencari Penyumbang Pohon

BERBAGI
Facebook
Twitter
loading...

Tasha Mumtazah [AM] | DETaK

Di zaman sekarang pemanasan global (Global Warming) semakin meningkat. Hal tersebut membuat kita sebagai manusia khawatir jika suatu saat nanti bumi ini akan menjadi tempat yang berbahaya bagi kita sendiri, di mana pohon semakin banyak ditebang, efek rumah kaca, serta polusi udara. Hal tersebut akan menyebabkan oksigen yang dihasilkan semakin berkurang.

Namun kini kita tidak perlu khawatir lagi, karena Ecosia hadir untuk membantu bumi ini. Ecosia adalah mesin pencari berbasis di Berlin, Jerman, yang menyumbangkan 80% atau lebih dari keuntungannya untuk organisasi non profit yang fokus pada reboisasi dan penanaman pohon di mana hal tersebut paling dibutuhkan. Mesin pencari ini diluncurkan oleh Christian Kroll  pada 7 Desember 2009 bertepatan dengan pembicaraan iklim PBB di Kopenhagen.

Ecosia akan menyumbangkan pohon kepada negara yang membutuhkan dari hasil yang didapatkan, melalui iklan. Untuk dapat menyumbang satu pohon  kita harus melakukan pencaharian sebanyak 45 kali. Untuk mengetahui berapa kali hasil pencaharian yang sudah kita lakukan, bisa melihat dibagian pojok kanan atas yang ada icon pohonnya. Kamu juga dapat melihat jumlah pohon yang sudah disumbang di halaman utama Ecosia. Jika kamu ingin menggunakan mesin pencari ini, kamu cukup menuju ke laman ecosia.org, atau bisa lewat aplikasi mobile yang bisa diunduh di Microsoft Store, Google Play and App Store.

Ecosia ini memang belum seakurat Google tetapi ada berita baiknya di mana Ecosia menekankan bahwa mereka adalah search engine yang user friendly dalam hal data-data pribadi pengguna, mereka tidak menyimpan data pengguna secara permanen dan tidak membagikannya kepada pihak ketiga. Selain menanam pohon, Ecosia juga bekerja sama dengan organisasi untuk pelestarian orang utan dan juga organisasi yang berfokus untuk menggunakan energi alternatif dari alam. []

Editor: Sri Elmanita S.

BERBAGI
Facebook
Twitter