Beranda Artikel Beruang Kutub, Si Karnivora Darat Terbesar dari Kutub Utara

Beruang Kutub, Si Karnivora Darat Terbesar dari Kutub Utara

BERBAGI
(Sumber: Google)
loading...

Artikel | DETaK

Beruang kutub atau beruang es yang memiliki nama ilmiah Ursus Maritimus adalah hewan yang termasuk spesies circumpolar dan mamalia terbesar dalam aturan marga keluarga biologi Ursidae. Beruang kutub merupakan hewan yang hidup di wilayah kutub utara. Selain itu,beruang kutub juga bisa kita temukan di Kanada, Rusia, Norwegia, dan Greeland.

Hewan satu ini digolongkan kedalam ordo karnivora yang memiliki harapan hidup hingga 25 tahun. Dengan indra penciuman yang sangat tajam, hewan ini mampu mencium bau bangkai paus atau anjing laut dari kejauhan 2 mil. Selain indra penciuman yang sangat kuat , mereka juga memiliki kuku yang tajam dan kekuatan tubuh yang hebat. Kemampuan berenang yang dimiliki beruang kutub jauh melampaui kemampuan berenang yang dimiliki manusia. Hewan besar ini mampu berenang  sampai 10 km/jam sedangkan manusia hanya mampu berenang sekitar 2-3 km/jam.

IKLAN
loading...


Beruang kutub disebut hewan yang besar karena dimiliki berat 600 kilogram dengan panjang 2,7 meter serta kecepatan yang mencapai 40 km/jam. Beruang jantan memiliki berat 400-600 kilogram. Bahkan ada yang beratnya lebih dari 800 kilogram dengan tinggi mencapai 2,5 meter. Sedangkan beruang kutub betina pada umumnya memiliki berat antara 200-300 kg dan tinggi sekitar 2 meter.

Seiring dengan perjalanan waktu, populasi beruang kutub terus mengalami kepunahan. Hal ini disebabkan karena habitat hewan predator ini semakin terkikis akibat peningkatan suhu bumi dan mencairnya es di kutub. []

Penulis bernama Ulva Zulvita, Mahasiswi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Jurusan Biologi. Ia merupakan salah satu anggota magang di UKM Pers DETaK USK.

Editor: Feti Mulia Sukma

BERBAGI