Beranda Headline WD III FEB: Lulusan Sarjana Ekonomi Harus Jadi Bos

WD III FEB: Lulusan Sarjana Ekonomi Harus Jadi Bos

BERBAGI
Sesi foto bersama peserta Inkubator International Entrepreneurship Program 2017. (Dok. Panitia)

Mohammad Adzannie Bessania | DETaK

Darussalam – Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Murkhana, menegaskan bahwa lulusan Sarjana Ekonomi Unsyiah harus menciptakan lapangan kerja sendiri. Hal tersebut disampaikan dalam penyampaian kata sambutan pelepasan 24 delegasi mahasiswa dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Inkubator FEB Unsyiah di Lobi FEB Unsyiah, Kamis, 12 Oktober 2017.

“Kita ingin lulusan Sarjana Ekonomi adalah lulusan yang bisa memberi pekerjaan kepada orang lain, bukan menjadi pekerja. Kita harus bercita-cita menjadi bos kalau kuliah di FEB,” ujar Murkhana.

IKLAN
loading...


Salah satu cara untuk membuka lapangan pekerjaan menurut Murkhana adalah menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur yang mampu bersaing.

“Jangan berpikir untuk buka usaha yang belum ada pesaing di Aceh. Itu bukan pebisnis. Anda bukan entrepreneur. Tapi kalau Anda buka usaha yang banyak pesaing, anda adalah seorang entrepreneur,” lanjutnya.

Murkhana berpendapat, seorang pengusaha dikatakan sukses apabila unggul dari para pesaing yang memiliki usaha yang sama.

“Pebisnis jangan hanya satu orang, tapi harus ada pesaingnya. Contohnya toko emas di pasar Aceh. Ada sekitar 50 toko yang berderet semuanya. Semuanya bisa hidup, tapi ada yang unggul. Yang unggul adalah yang terbaik,” tutupnya.

Mahasiswa yang menjadi delegasi dari UKM Inkubator FEB Unsyiah akan mengikuti  acara Inkubator International Entrepreneurship and Cultural Program 2017. Acara tersebut akan diadakan di University Malaysia Pahang, Malaysia pada tanggal 15-21 Oktober 2017.[]

Editor: Maisyarah Rita