Beranda Headline Unsyiah Pilih Rektor Baru 23 Agustus Mendatang

Unsyiah Pilih Rektor Baru 23 Agustus Mendatang

BERBAGI

Indri Maulina [AM] | DETaK

Logo-Unsyiah
(foto : istimewa)

Darussalam- Ilham Maulana, Kepala Humas Unsyiah mengatakan, Pemilihan Rektor Unsyiah peridoe 2013-2017 akan berlangsung Agustus mendatang. “Selambat-lambatnya tanggal 23 Agustus 2013, dimana jadwal tersebut masih harus disesuaikan dengan jadwal kehadiran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) yang akan mengangkat langsung rektor terpilih nantinya,” kata Ilham pada detak-unsyiah.com, Jum’at (21/06/2013).

Ilham menyebutkan, dalam pemilihan rektor tersebut  merujuk pada Permendikbud No. 33 Tahun 2012 dan Peraturan Senat No. 69/SENAT/2013.  “Sesuai dengan keputusan Permendikbud No. 33 Tahun 2012, terdapat 3 tahapan dalam proses Pemilihan Rektor, yaitu tahap Penjaringan, tahap Penyaringan, dan tahap Pemilihan,” kata Ilham.

IKLAN
loading...


Lebih lanjut, kata Ilham,  akan dipilih tiga besar calon yang memperoleh suara terbanyak untuk dibawa ke Rapat Senat Pemilihan. Menteri atau Kuasa Menteri turut hadir dalam rapat tersebut dan ikut memberikan suara. “Mendikbud hadir dalam rapat Senat Pemilihan dan ikut memilih dengan jumlah suara yang diperuntukkan untuk Menteri 35 persen dari total anggota senat yang hadir,” ungkapnya.

Dalam tahap penjaringan dan penyaringan, melalui rapat senat yang diadakan pada Kamis pagi (20/06/2013), telah  dihadiri oleh 54 anggota senat dari 61 anggota senat. Hal ini sesuai dengan Keputusan Rektor Unsyiah No. 664 Tahun 2013, tentang pelaksanaan rapat yang bisa dilangsungkan jika forum rapat sudah terpenuhi. “Telah ditetapkan bahwa dari empat nama bakal calon rektor unsyiah periode 2013-2017 dikerucutkan menjadi 3 nama calon Rektor dari sejumlah dosen Unsyiah, yakni Dr. Hafasnuddin, MBA. SE, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng, serta Dr. Tarmizi, M.Sc,” tutup Ilham.[]

 

BERBAGI