Beranda Headline Unik, THP FP Unsyiah Presentasi di Biochem

Unik, THP FP Unsyiah Presentasi di Biochem

BERBAGI
Mahasiswi sedang mempersentasikan Biokimia Polisakarida. (Maghfira Daini [AM]/DETaK)

Maghfira Daini [AM] | DETaK

Mahasiswi sedang mempersentasikan Biokimia Polisakarida. (Maghfira Daini [AM]/DETaK)
Mahasiswi sedang mempersentasikan Biokimia Polisakarida. (Maghfira Daini [AM]/DETaK)

Darussalam – Sebagai ujian pelengkap bagian dari mata kuliah biokimia I Jurusan Teknik Hasil Pertanian (THP) Fakultas Pertanian (FP) Unsyiah gelar presentasi banner di lingkungan kampus tersebut Senin, 8 Desember 2014.

Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa leting 2013, pelaksanaan kreatifitas mahasiswa dengan tema “THP Biochem Day” ini tergolong unik karena semua mahasiswa yang di bagi dalam 16 grup tersebut menggunakan pakaian rapi, mulai dari kemeja, dasi, jas, sampai sepatu layaknya presentasi di dunia kerja sebenarnya.

IKLAN
loading...


Bukan hanya itu, mahasiwa juga tertantang untuk menjawab pertanyaan dari dosen, mahasiswa, dan pengunjung yang datang ke lokasi seputar isi banner  yang di presentasikan oleh kelompok masing-masing.

“THP biochem day diharapkan dapat mendorong mahasiswa berpikir kritis, bisa memecahkan masalah, berfikir kreatif, percaya diri, dan menciptakan sesuatu yang bermanfaat,” kata Rini Ariani Basyampar, ketua pelaksana kegiatan tersebut.

Menurutnya, yang membuat mahasiswa berbeda adalah kesempatan untuk menemukan kelebihan dan menggunakan kelebihan tersebut menjadi hal-hal bermanfaat.

“Setiap anak adalah unik dan mempunyai kelebihan. Tugas pendidik untuk memberi kesempatan kepada mereka menemukan kelebihan tersebut.” ungkapnya, di sela-sela memberikan penilaian di lokasi presentasi.

Acara ini juga diisi dengan berbagai video kreatif berbasis karbohidrat, kreasi kerajinan tangan dan kerajinan dari limbah. Penilaian di lihat dari kerjasama tim, kekompakkan, dan isi banner. Apresiasi karya diberikan penghargaan sertifikat, yang dapat mempengaruhi 30% nilai biokimia masing – masing mahasiswa.

“Biochem day acara untuk menambah pengalaman ya, sehingga nantinya mudah langsung terjun kelapangan, dan saya ngerasain kayak sales yang berusaha membuat orang tergiur dengan produk Saya, hehe” ujar Dina, salah satu peserta Biochem Day.

Beda halnya dengan M. Fadhil, ia mengharapkan jurusan lain juga bisa terinspirasi dengan mengadakan kegiatan yang bermanfaat untuk mengaplikasikan teori.

“Kedepan mungkin bisa dilaksanakan lebih universal karena belum tentu jurusan hukum mengerti tentang biokimia. Jadi, saya berharap kami dapat menjelaskan jangan hanya di fakultas pertanian saja,”harapnya.[]

Editor: Riska Iwantoni