Beranda Headline UKM Pers DETaK Unsyiah Seleksi Anggota Baru

UKM Pers DETaK Unsyiah Seleksi Anggota Baru

BERBAGI
Pengurus UKM Pers DETaK sedang melakukan wawancara dengan calon anggota baru di gedung Gelanggang Mahasiswa Unsyiah. (Andi Fahreza/DETaK)

Riyanti Herlita | DETaK

Banda Aceh – Puluhan mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) angkatan 2014 dan 2015 mengikuti wawancara seleksi anggota baru Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pers DETaK Unsyiah, di Gelanggang Mahasiswa Prof. A. Madjid Ibrahim. Minggu, 28 Februari 2016.

Terdapat 87 mahasiswa dari seluruh fakultas yang ada di Unsyiah mulai mendaftarkan diri sebagai calon anggota UKM Pers DETaK sejak 15 hingga 25 Februari 2016 via online dan mengunjungi posko open reqruitment di depan Gedung pusat bahasa Unsyiah.

IKLAN
loading...


Eureka Shittanadi, selaku ketua panitia menyampaikan kriteria persyaratan untuk kelulusan wawancara kali ini akan dipertimbangkan dari sikap dan komitmen mahasiswa itu sendiri serta dilihat dari perolehan nilai sesuai kreteria ketuntasan minimal 60.

“Harapannya semua peserta yang mengikuti seleksi wawancara ini mampu bertahan menjadi anggota tetap UKM Pers DETaK Unsyiah dengan menjalankan komitmennya. Meskipun jumlah calon anggota yang mendaftarkan diri ke UKM masih minim dari jumlah seluruh mahasiswa Unsyiah,” tuturnya sembari memantau suasana wawancara.

Seleksi wawancara yang dilaksanakan seharian ini menyediakan 4 posko. Posko pertama, peserta disuguhi dengan pertanyaan terkait pengetahuan umum, posko kedua terkait pemahaman berorganisasi, posko ketiga terkait keredaksian dengan simulasi kemampuan menulis berita dan posko keempat terkait komitmen terhadap keputusan bergabung di UKM Pers DETaK.

Foto: Andi Fahreza/DETaK
Foto: Andi Fahreza/DETaK

Mutia Dara Utari, salah seorang peserta yang mengikuti wawancara merasa lega usai melewati setiap posko, “Bisa lebih lega setelah wawancara dan mengetahui apa resiko sebagai seorang jurnalis, harus mempunyai komitmen tersendiri dan memiliki prinsip yang baik sembari senang hati dalam menjalaninya, tutur mahasiswi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Pendidikan Bahasa Inggris tersebut.

Selain itu, dari 46 peserta calon anggota UKM Pers DETaK Unsyiah yang telah mengikuti wawancara hingga pukul 15.30 WIB. Peserta mayoritas tertarik untuk berkecimpung di bagian DETaK TV yang akhir-akhir ini menghadirkan variasi liputan berbeda.

Peserta yang lulus dalam tahapan wawancara ini nantinya akan mengikuti Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) yang direncananya dilangsungkan pada 5 sampai 6 Maret 2016 mendatang. Pemateri dalam pelatihan ini adalah para senior dan alumni yang telah lama bergelut di media lokal maupun nasional.[]

Editor: Riska Iwantoni