Beranda Headline Seminar dan Promosi Pendidikan Amerika di Unsyiah

Seminar dan Promosi Pendidikan Amerika di Unsyiah

BERBAGI

Keumala Fadhiela | DETaK

College Students Studying in Class --- Image by © moodboard/CorbisDarussalam – Ikatan alumni pelajar Amerika Serikat bekerjasama dengan ESA (English Student Association) menggelar seminar dan promosi pendidikan Amerika di  Audiotorium FKIP Unsyiah, Sabtu (15/12/2012).

Seminar pendidikan dan diskusi panel alumni ini dengan tema “Global Coverage, Local Action, Promoting Change Through Alumni Network” mengundang narasumber Ir. Tarmizi A. Karim, M. Sc. Sedangkan acara promosi beasiswa ke Amerika dihadiri oleh Duta Besar/Konsul Amerika untuk Indonesia, Education USA, RELO dan Relawan Alumni dari berbagai negara bagian di Amerika.

IKLAN
loading...


“Serangkaian acara ini bertujuan untuk memperkenalkan program beasiswa dari Amerika kepada mahasiswa Aceh, khususnya di Unsyiah. Beasiswa yang ditawarkan untuk S1, S2, dan juga ada program pertukaran pelajar ke beberapa negara bagian di Amerika”, jelas Maya Maulina, panitia penyelenggara seminar.

Ada beberapa beasiswa yang ditawarkan diantaranya, FullBright, IVLP, YLIP dan DBE USAID. Pendaftaran terakhir Fullbright berakhir pada 15 April 2014, setelah itu akan diadakan tes wawancara dan syarat TOEFL dengan skor minimal 550. Khusus untuk IVLP, mahasiswa yang kurang lancar berbahasa inggris bukan menjadi kendala, tetapi beasiswa ini diberi kesempatan untuk mahasiswa  yang aktif berorganisasi sosial dan berjiwa kepemimpinan.

“Saya sangat serius dengan program-program beasiswa ini. Mahasiswa Aceh berpeluang sangat besar untuk dapat meningkatkan pengetahuan ke luar negeri, terutama setelah Tsunami. Oleh karena itu, generasi muda Aceh diharapkan mengambil peluang itu. Jangan sampai diambil kuota-nya oleh pelajar bukan asal Aceh”, ujar Fajran, salah seorang alumni program fullbright itu.[]