Beranda Headline Semester Depan, Siswa Belajar dengan Sistem Baru

Semester Depan, Siswa Belajar dengan Sistem Baru

BERBAGI

Nurhamidah | DETaK

Darussalam – Mulai sermester depan, sistem pembelajaran tingkat SD, SMP, dan SMA/sederajat di Nusantara akan berbeda dengan sebelumnya. Hal ini dikarenakan mulai semester depan, sistem pembelajaran akan menggunakan kurikulum baru.

Menurut Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Musliar Kasim, kurikulum baru itu rencananya akan diberlakukan mulai Juli 2013 mendatang dengan  beberapa perubahan. “Pemberian buku panduan bagi guru, mata pelajran juga dikurangi. Kemudian pada tingkat SD mata pelajaran bahasa Ingris ditiadakan karena akan dipelajari di SMP,” kata Musliar Kasim, Sabtu (5/1/2013) di Auditorium Unsyiah.

IKLAN
loading...


Namun begitu, dikatakan Wamendikbud, penghapusan mata pelajaran bahasa Inggris dalam kurikulum 2013 di tingkat SD, “karena tidak semua sekolah dasar memiliki guru bahasa Inggris,” katanya. “Biasanya Guru SD mengajar beberapa mata pelajaran. Tapi, kalau ada sekolah yang memiliki tenaga pengajar bahasa Inggris yang memadai, silahkan saja,” imbuhnya.

Musliar Kasim mengatakan, kurikulum baru yang dibuat untuk SD, SMP, SMA, dan SMK, karena kurikulum yang berlaku saat ini terlalu padat dan tidak efisien. “Banyak materi yang hanya membebani siswa dan tak banyak digunakan dalam kehidupan nyata siswa,” katanya.

“Untuk kedepannya nanti, para guru akan diberikan pelatihan tentang implementasi Kurikulum 2013,” kata Musliar Kasim.[]