Beranda Headline Seleksi 3 Jalur, Unsyiah Tampung 6305 Mahasiswa Baru Tahun 2013

Seleksi 3 Jalur, Unsyiah Tampung 6305 Mahasiswa Baru Tahun 2013

BERBAGI

Aria Mustari [AM] | DETaK

Darussalam – Universitas Syiah Kuala kembali menerima mahasiswa baru tahun ajaran 2013. Tahun ini Unsyiah menampung sebanyak 6305 calon mahasiswa melalui tiga jalur, yaitu jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan jalur Mandiri.

Kepala bagian pendidikan, Ir. Uzair, MP kepada detak-unsyiah.com, Senin (13/5/2013) mengatakan untuk tahun 2013, ada beberapa hal yang berbeda dengan tahun lalu “yang namanya SNMPTN adalah undangan nasional sedangkan ujian tulis merubah bajunya menjadi SBMPTN,” terangnya.

IKLAN
loading...


Katanya, jalur undangan SNMPTN yang memiliki daya tampung sebanyak 50 persen tersebut baru akan diumumkan 28 Mei mendatang. “Sekolah yang menyeleksi melalui kepala sekolah dan jalur ujian tulis SBMPTN yang memiliki daya tampung sekitar 30 persen untuk kelompok IPA (Saintek) dan untuk kelompok IPS (Soshum).” Jelasnya.

Pendaftaran SBMPTN sendiri sudah dimulai sejak kemarin (13/5/2013) hingga (7/6/2013). “Untuk memudahkan bagi calon mahasiswa baru pendaftaran dapat dilakukan secara online, misalkan terjadi kegagalan dalam mengaksesnya dapat menghubungi Puksi Unsyiah di gedung ICT,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, tes tulis dilaksanakan pada (18-19/6/2013) sedangkan untuk pengumuman SBMPTN pada (12/7/2013). “Tes tulis SBMPTN biasanya dilaksanakan di lingkungan kampus misalnya gedung RKU dan Fakultas. Jika banyak calon mahasiswa yang mendaftar dan gedung di Unsyiah tidak mencukupi maka tes juga bisa dilakukan di sekolah-sekolah sekitar kampus seperti misalnya SMP dan SMA,” katanya lagi.

Bagi calon mahasiswa angkatan 2011 dan 2012 harus melengkapI ijazah SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara.kemudian bagi calon mahasiswa 2013 diharuskan sudah mempunyai SKHUN. Uzair juga mengharapkan agar ujian tulis SBMPTN berjalan lancar, tertib, aman dan sukses, “dan semoga tidak terjadi hal –hal yang tidak kita inginkan,” harapnya. Tata cara pendaftaran dapat di akses pada laman http://ujian.sbmptn.or.id.[]