Beranda Headline Rektor Unsyiah Tantang Mahasiswa Lawan Premanisme Kampus

Rektor Unsyiah Tantang Mahasiswa Lawan Premanisme Kampus

BERBAGI

Riska Iwantoni | DETaK

REKTOR USK-ACFFest
Rektor Unsyiah, Samsul Rizal saat menanggapi pertanyaan salah satu peserta ACFFest di Gedung AAC Dayan Dawood Unsyiah. (Riska Iwantoni/DETaK

Darussalam – Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Samsul Rizal menantang mahasiswa untuk melawan premanisme kampus khususnya di lingkungan Unsyiah seperti pengutipan biaya parkir.

Pernyataan itu bermula dari pertanyaan salah seorang peserta kepada rektor tentang transfaransi anggaran di Unsyiah. Setelah menjawab, rektor malah kembali menantang mahasiswa untuk berani melawan hal-hal kecil yang termasuk ke dalam tindakan korupsi.

IKLAN
loading...


“Saya merasakan, masih ada premanisme di kampus ini, dan kalian mahasiswa saya tantang untuk melawan premanisme-premanisme di kampus,” kata rektor, pada acara roadshow Anti Corruption Film Festival (ACFFest) di Gedung AAC Dayan Dawood Unsyiah, Rabu, 1 April 2015.

Samsul Rizal mengatakan, sejak tahun 2014 silam Unsyiah tidak ada lagi pengutipan biaya parkir untuk mahasiswa. “Saya tidak ingin lagi mahasiswa membayar parkir karena alasan takut,” tegasnya, dihadapan pimpinan KPK, Adnan Pandu Praja saat menjadi narasumber di talkshow ACFFest 2015.

Terlepas dari hal tersebut, ia juga mengharapkan mahasiswa untuk terus mengawasi seluruh anggaran bukan hanya di Unsyiah tapi juga di Aceh.

“Saya harapkan mahasiswa untuk terus mengawasi anggaran tidak hanya di Unsyiah namun juga di Aceh, supaya kita bisa lebih baik dimasa yang akan datang,” ujarnya.

Ia juga menekankan peserta ACFFest yang di dominasi oleh pelajar tersebut tentang pentingnya kejujuran dalam pelaksanaan Ujian Nasional maupun cara masuk ke perguruan tinggi untuk menekan menjamurnya bibit-bibit koruptor.

“Kita punya semua data-data, dan dii Unsyiah sendiri transparansi akan kita buat, dan Satuan Pengawas Internal (SPI) saat ini sudah mulai bekerja ke berapa fakultas,” katanya.[]

Editor: Riyanti Herlita