Beranda Headline PHBD Kembangkan Teknologi Pakan Ternak Limbah Fermentasi dengan Probiotik

PHBD Kembangkan Teknologi Pakan Ternak Limbah Fermentasi dengan Probiotik

BERBAGI
PHBD RISTEKDIKTI 2016 (Sumber: Google)

Achmad Julio | DETaK

Aceh Besar – Program Hibah Bina Desa (PHBD) yang diadakan oleh Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (KEMENRISTEKDIKTI) merupakan program oleh pemerintah kepada mahasiswa di Indonesia untuk melakukan pengabdian masyarakat guna memberikan efek yang nyata pada masyarakat luas. Dengan berbagai tahapan seleksi yang dilalui oleh kelompok-kelompok yang mendaftar di program tersebut, perwakilan Unsyiah dari Fakultas Pertanian Jurusan Peternakan lah yang dinyatakan lulus oleh pihak KEMENRISTEKDIKTI 2016.

Program yang diangkat dari tim yang diketuai oleh Muamar Khadafi ini ialah pengembangan teknologi pakan ternak limbah fermentasi dengan tambahan probiotik pada ternak bebek peking di Desa Alue Naga, Kecamatan Podiamat, Kabupaten Aceh Besar.

IKLAN
loading...


“Tujuan pada program yang kami kembangkan ini ialah bagaimana peternak bebek peking dapat menghemat biaya dalam hal biaya pakan ternak dengan memanfaat limbah ikan sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar”, jelas Khadafi saat diwawancari detak-unsyiah.com.

Dengan adanya Program Hibah Bina Desa (PHBD) masyarakat sekitar Gampong Alue Naga mendapatkan ilmu terbaru tentang bagaimana beternak bebek yang efisien dan mudah sehingga dapat membantu perekonomian keluarga.

Aminah salah seorang twarga meceritakan, bahwa dengan adanya program tersebut mereka (Istri – istri) dapat berusaha dalam menopang perkenomian kebutuhan rumah tangga yang selama ini hanya dikerjakan oleh suami mereka dalam mencari nafkah.[]

Editor: Dinda Triani