Beranda Headline Peringati 10 Tahun Tsunami, Earth Hour Aceh Tanam 3.500 Manggrove

Peringati 10 Tahun Tsunami, Earth Hour Aceh Tanam 3.500 Manggrove

BERBAGI
Sumber gambar: @EHAceh

Siaran Pers | DETaK

Sumber gambar: @EHAceh
Sumber gambar: @EHAceh

Banda Aceh – Dalam rangka memperingati 10 Tahun Tsunami, relawan Earth Hour Aceh tergerak melakukan sebuah aksi sederhana untuk menjaga lingkungan sekitar  pantai. Aksi peduli lingkungan pantai itu dalam bentuk gerakan penanaman 3500 batang pohon bakau yang nantinya akan ditanam di Gampong Baro, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar.

Aksi penanaman pohon bakau itu berlangsung dua hari, mulai dari 29 – 30 November 2014 dimulai pukul 09-00 wib s.d. selesai. Dengan aksi sederhana ini, Relawan Earth Hour Aceh berharap sedikit kurangnya aksi tersebut bisa menjaga serta sekaligus mengurangi ancaman dari abrasi pantai.

IKLAN
loading...


“Aksi penanaman pohon bakau ini sebagai bentuk kepedulian relawan Earth Hour Aceh terhadap lingkungan. Mendekati peringatan 10 tahun Tsunami, teman-teman pun berinisiatif membuat sebuah aksi sederhana ini,” sebut Alhayat selaku koordinator acara, pada (29/11/2014).

Musibah Tsunami Aceh tinggal beberapa hitungan jari lagi untuk genap berusia 10 tahun. Alhayat bersama para relawan lain yang bernaung di Earth Hour Aceh juga ingin fokus mengkampanyekan serta berkontribusi langsung terhadap lingkungan pesisir pantai.

“Para relawan Earth Hour Aceh yang selama ini memilih fokus mengkampanyekan penghematan energi, kali ini tidak ingin tinggal diam melihat kondisi lingkungan pantai yang semestinya perlu perhatian serta perlindungan banyak pihak,” ujar Alhayat.

“Tsunami itu bisa datang kapan saja. Dengan adanya pohon bakau disekitar pinggiran pantai, sedikit kurangnya bisa mengurangi hantaman gelombang besar itu. Tidak hanya Tsunami, air laut pasang pun bisa mengancam keselamatan kita yang tinggal dibibir pantai. makanya, saya dan teman-teman Earth Hour Aceh tergerak melaksanakan kegiatan peduli lingkungan pesisir pantai ini,” terangnya.

Ia menambahkan, aksi peduli lingkungan pesisir pantai ini juga mengikut sertakan pihak aparatur gampong setempat. Sejak rencana penanaman 3500 pohon bakau itu dibicarakan dengan aparatur gampong, pihak gampong pun langsung menyambut antusias kegiatan tersebut.

Plt Geuchik Gampong Desa Baro, Tjut Gunawan mengatakan sangat berterima kasih kepada relawan Earth Hour Aceh yang sudah berkontribusi ikut menjaga pinggiran pantai digampongnya lewat penanaman pohon bakau.

“Saya mewaliki seluruh masyarakat Gampong Baro mengucapkan terima kasih kepada relawan yang sudah menggelar aksi peduli lingkungan dengan menanam pohon bakau ditempat kami, semangat dari anak-anak muda yang peduli terhadap lingkungan ini patut diapresiasi,” katanya.[]

Editor: Hilda Rahmazani