Beranda Headline Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Mesjid Al-Falah

Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Mesjid Al-Falah

BERBAGI

Putri Nuzira | DETaK

fkep
suasana pemeriksaan kesehatan gratis di halaman Mesjid Al-Falah (Foto: Putri Nuzira/ DETaK)

Banda Aceh – Ratusan jamaah shalat subuh melakukan pemeriksaan kesehatan  gratis di  Mesjid Al-Falah Kampong Pineung Banda Aceh minggu 22 Maret 2015. Kegiatan yang bertemakan Safari Subuh ini dilaksanakan oleh badan kemakmuran mesjid Al-Falah Kampong Pineung yang juga bekerjasama dengan beberapa organisasi dan juga elemen masyarakat setempat.

Pemeriksaan kesehatan gratis dan juga donor darah untuk para jamaah tersebut  diprakarsai oleh  para alumni dari Fakultas Keperawatan Unsyiah, Fakultas Kesehatan Masyarakat Muhammadiyah Banda Aceh, dan Palang Merah Indonesia (PMI).

IKLAN
loading...


Para jamaah diperiksa tekanan darah, kadar kolesterol, asam urat dan juga kadar gula darah. Ketua tim  panitia Ibrahim Laweung  mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan gratis ini dilakukan lebih berfokus pada pencegahan dan promosi kesehatan.

“Kami mendapatkan data bahwa banyak masyarakat yang menderita hipertensi, kolesterol, asam urat dan juga gula darah, jadi kami disini melakukan promosi kesehatan dengan memeriksakan kesehatan dan kemudian memberikan beberapa edukasi mengenai penyakit tersebut kepada masyarakat,” ujar Ibrahim.

Kegiatan berhasil mengumpulkan lebih 30 kantong darah yang didonorkan oleh para jamaah, Ibrahim juga menuturkan bahwa  kegiatan ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya diselenggarankan di mesjid Al-Fala, ia berharap kalau kegiatan ini bisa dilaksanakan secara rutin setiap tiga bulan sekali. Acara ini juga diisi  ceramah oleh Ust Samsul dan juga bakti sosial. []

Editor: M Fajarli Iqbal