Beranda Headline Pembukaan ISMPI Jelaskan Esensi ISMPI Sebenarnya

Pembukaan ISMPI Jelaskan Esensi ISMPI Sebenarnya

BERBAGI
Foto bersama anggota ISMPI dengan pemateri Seminar Nasional yang berlangsung di Gedung AAC Dayan Dawood Unsyiah. (Achmad Julio/DETaK).

Cut Meliana | DETaK

Darussalam – Ikatan Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia (ISMPI) bekerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Pertanian Unsyiah, menyelenggarakan Seminar Nasional dan Pekan Ilmiah Mahasiswa Pertanian Nusantara. Kegiatan ini dilangsungkan di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) mulai 28 November hingga 2 Desember 2016 mendatang. Sedangkan tema seminar yang diusung ialah “Peran Mahasiswa Dalam Memajukan Pertanian Dan Kedaulatan Pangan”.

Sekertaris jendral (Sekjen) ISMPI, Graha Abadi Pashaman menjelaskan bahwa esensi sebenarnya diadakan kegiatan pekan ilmiah ini adalah untuk memberikan peluang bagi mahasiswa pertanian seluruh Indonesia untuk menciptakan inovasi terbaru yang bermanfaat untuk petani di Indonesia dalam mewujudkan kedaulatan pangan.

IKLAN
loading...


“Kawan-kawan diharapkan bisa memberikan inovasinya dan ajang perkumpulan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk bertukar pikiran dan informasi antar lintas almamater Fakultas Pertanian yang ada di Indonesia,” jelasnya.

Menurut Agussabti, Dekan Fakultas Pertanian Unsyiah dalam kata sambutannya mengungkapkan, majunya pertanian di masa depan sangat bergantung pada mahasiswa dan alumni dari Fakultas Pertanian untuk berkiprah dalam bidang praktek pertanian masyarakat.

“Bagaimana agar mahasiswa dan alumni berkiprah dalam pertanian masyarakat, jadi jika kita hanya menjadi penonton, itulah yang menyebabkan perubahan dari pertanian begitu lambat,” jelasnya.

Selesai pembukaan seminar, acara diisi dengan materi yang dibawakan oleh beberapa narasumber, yakni Staf Ahli Menteri Pertanian, Mukti Sardjono, Panglima Iskandar Muda, Tatang Sulaiman, dan Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Provinsi Aceh, Abubakar Karim serta Dekan FP Unsyiah, Agussabti.

Selain itu, agenda-agenda yang akan dilaksanakan untuk beberapa hari ke depan meliputi lomba essay, Lomba Inovasi Mahasiswa Pertanian Indonesia (LIMPI), fotografi dan lainnya.[]

Editor: Eureka Shittanadi