Beranda Headline Pakai Jasa Joki, Peserta SNMPTN di Unsyiah Diciduk

Pakai Jasa Joki, Peserta SNMPTN di Unsyiah Diciduk

BERBAGI
loading...

Banda Aceh – Pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh diwarnai aksi perjokian. Seorang peserta diciduk dari ruang ujian siang tadi karena ketahuan menggunakan jasa joki.

Peserta berinisial BS asal SMA Labuhan Haji, Kabupaten Aceh Selatan diamankan oleh panitia lokal SNMPTN saat sedang mengisi soal-soal di ruang lantai tiga Fakultas Pertanian Unsyiah. Sementara sang joki berinisial DNY yang mengikuti ujian atas nama BS di ruangan lain berhasil melarikan diri.

Panitia bersama polisi tidak berseragam masuk ke ruangan kemudian langsung meminta BS untuk ikut bersamanya. Peserta ujian yang lain sempat bertanya-tanya apa gerangan terjadi, namun hal itu tak sampai mengganggu jalannya SNMPTN.

loading...

Ketua panitia lokal SNMPTN Banda Aceh, Samsul Rizal mengatakan, praktek perjokian itu diketahui oleh pengawas yang menyelidiki pengisian lembaran jawaban. Pengawas curiga karena identitas lembaran jawaban BS diisi tak sama dengan identitas aslinya melainkan terisi DNY begitu sebaliknya.

“Pengawas curiga,” kata Samsul Rizal yang juga Pembantu Rektor I Bidang Akademik Unsyiah kepada wartawan di Biro Rektorat, Rabu (1/5/2011).

Dari ruangan ujian, BS diboyong ke ruang Pembantu Rektor I Unsyiah untuk dimintai keterangannya. Sementara Polisi langsung menuju ke Ruang Kuliah Umum (RKU) tempat sang joki DNY mengikuti ujian. Sayangnya setiba di sana yang dicari sudah melarikan diri. Diduga dia melarikan diri karena ada yang memberi tahu kalau aksinya sudah terungkap.

Samsul Rizal mengatakan BS secara otomatis gugur sebagai peserta SNMPTN dan tidak diizinkan lagi mengikuti seleksi masuk ke Unsyiah. “Tindakan perjokian ini adalah tindakan kriminal,” kata dia.

Polisi masih memburu DNY. DNY tercatat sebagai mahasiswa jurusan Matematika di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Unsyiah angkatan 2010. Dia menjadi joki untuk membantu meluluskan BS yang ingin kuliah di Fakultas Teknik.

Samsul Rizal mengatakan, karena kasus ini DNY akan dikeluarkan dari Unsyiah. BS dan DNY sama-sama berasal dari Labuhan Haji, Kabupaten Aceh Selatan. Okezone.com