Beranda Headline Nama Unsyiah, Hanya Perlu Meluruskan Sejarah

Nama Unsyiah, Hanya Perlu Meluruskan Sejarah

BERBAGI

Tajul Ula|DETaK

Logo Unsyiah
Logo Unsyiah

Darussalam – Nama Universitas Syiah Kuala atau disebut Unsyiah, menurut Rektor Unsyiah, Samsul Rizal, tidak akan diganti. Menurutnya, tidak ada satupun dari jajaran pimpinan Unsyiah yang ingin mengganti nama unsyiah.

“Nama tidak pernah diganti, hanya meluruskan sejarah,” jelas Samsul Rizal dalam acara diskusi publik terkait wacana penggantian nama Unsyiah di gedung AAC Dayan Dawood. Rabu, 2 Juli 2014.

IKLAN
loading...


Sebelumnya, dalam acara yang diadakan  di Gedung AAC Dayan Dawood, Rabu, 25 Juni 2014, Samsul memang menyatakan, bahwa Universitas Syiah Kuala atau Unsyiah akan berganti nama.  Lihat “ Rektor: Unsyiah Akan Berganti Nama”. Untuk itu, pihaknya mengadakan diskusi terbuka yang melibatkan berbagai civitas akademika Unsyiah bahkan masyarakat umum untuk membicarakan hal tersebut.

Namun, Samsul mengatakan, pelaksanaan diskusi terbuka terkait pergantian nama Unsyiah itu hanya bermaksud meluruskan apa yang telah dicetuskan para orang tua dan pendiri Unsyiah terdahulu. “ Kita harus mencari dasarnya,” jelas Samsul.

Hal ini, menurut Samsul, demi mencari sejarah yang sebenarnya dari nama Unsyiah tersebut. Selama ini, nama Unsyiah secara bahasa masih bersifat multitafsir dan masih memiliki banyak pertanyaan. Menurutnya, itu harus bisa dijawab dan diluruskan melalui pelaksanaan diskusi publik tersebut.[]

Editor: Indri Maulina