Beranda Headline Murti Ali Lingga, Wakili DETaK di PJTLN SUARA USU

Murti Ali Lingga, Wakili DETaK di PJTLN SUARA USU

BERBAGI
urti Ali Lingga. (Dok. Pribadi)

Riska Iwantoni | DETaK

urti Ali Lingga. (Dok. Pribadi)
Murti Ali Lingga. (Dok. Pribadi)

Banda Aceh – Pemimpin Redaksi DETaK Unsyiah, Murti Ali Lingga akan mewakili Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pers Unsyiah dalam Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PJTLN). Kegiatan ini diadakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) SUARA USU, Universitas Sumatera Utara selama enam hari, terhitung Senin, 22-27 September 2014 mendatang.

Pendelegasian kali ini dimaksudkan untuk dapat memahami sekaligus mengaplikasikan materi yang diberikan selama pelatihan berlangsung. Dengan tujuan memaksimalkan DETaK dalam kiprahnya sebagai lembaga penerbitan  dan penyiaran berita kampus di lingkup Universitas Syiah Kuala.

IKLAN
loading...


Dalam PJTLN nantinya, delegasi akan dibekali materi jurnalistik dan media pada umumnya. Rangkaian agendanya meliputi jurnalisme narasi, teknik menulis narasi, bahasa jurnalistik dalam tulisan narasi, serta meliput isu bisnis dan HAM antara masyarakat dan perusahaan.

Murti mengaku optimis dan sudah jauh-jauh hari menantikan pelatihan ini, dia juga ingin menerapkan materi yang diajarkan sepulangnya nanti.

“Keberangkatan saya untuk mencari pengalaman, sepulangnya dari sana Insya Allah  ilmu yang saya dapatkan akan saya terapkan di DETaK,” tuturnya sebelum keberangkatan, di Terminal Penumpang Batoh, Sabtu, 20 September 2014 malam.

Menurutnya, pengiriman delegasi ini bukanlah semata-mata untuk perwakilan saja, akan tetapi mempunyai tanggungjawab yang besar atas nama lembaga.

Selain itu, Pemimpin Umum UKM Pers Unsyiah, Mulya Rizki Nanda menilai wartawan tidak hanya cukup memahami teknik menulis singkat seperti dalam siaran berita running.

“Dalam pemberitaan, wartawan juga harus bisa bernarasi. Bila perlu menjadi identitas produk jurnalistiknya.” ujarnya di selepas keberangkatan Murti.[]

Editor: Mulya Rizki Nanda