Beranda Headline Menuju Kampus FISIP Madani

Menuju Kampus FISIP Madani

BERBAGI
Foto Bersama Koalisi 2017 FISIP Unsyiah. 09/14/17. Dok. Panitia

Siaran Pers | DETaK

Darussalam – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unsyiah menggelar Kajian dan Orientasi Agama Islam FISIP (Koalisi)  2017, yang digagas oleh Pengurus Unit Pengembangan Program Mata Kuliah Agama Islam (UP3AI) FISIP. UP3AI merupakan program turunan dari rektorat Unsyiah yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami Islam dan mempelajari Al-Qur’an. 8 dan 9 April 2017.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini bertempat di Aula FISIP pada hari pertama dan di Mesjid Jamik pada hari selanjutnya. Dengan peserta yang berasal dari leting 2016 semua jurusan di FISIP. Salah satu rangkaian kegiatannya adalah tahyiz mayit, dimana peserta akan mengikuti simulasi pengurusan jenazah. Hal ini di nilai penting mengingat hukum mengurus jenazah adalah Fardhu Kifayah. Sedangkan spesial untuk peserta ikhwan, ada agenda Mabit pada Sabtu malam yang kemudian dilanjutkan dengan Subuh Education FISIP pada Minggu subuh.

IKLAN
loading...


“Semoga kegiatan Koalisi ini dapat menjadi titik tolak menuju FISIP Unsyiah Madani, kita sama-sama buktikan bahwa mahasiswa FISIP memiliki pemahaman yang baik terkait Islam. Semoga kedepannya kegiatan ini dapat diselenggarakan setiap tahun.” tegas Nasrul Azwar, mahasiswa Ilmu Politik 2013, Wakil Direktur UP3AI FISIP sekaligus Ketua Panitia Koalisi 2017.

Direktur UP3AI FISIP, Drs. Amsal Amri dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan ini, dan mengharapkan peningkatan mahasiswa 2016 terkait islam serta mengambil nilai-nilai yang disampaikan.

Kegiatan perdana ini juga didukung penuh oleh pihak Dekanat dan Rektorat Unsyiah. Dekan FISIP dan Wakil Rektor III Unsyiah Alfiyansyah Yulianur turut memberi testimoni sebelum terselenggaranya acara dan berharap agar acara ini berjalan lancar.

Selain diselenggarakan oleh pengurus UP3AI, acara KOALISI ini juga didukung oleh Majelis Dakwah FISIP (MDF) yang turut membantu terlaksananya acara. Heri Setiawan yang merupakan Ketua MDF mengungkapkan bahwa ia sangat senang karena MDF dapat turut andil dalam kegiatan dakwah ini.

Adapun pada kegiatan Tahyiz Mayit, simulasi mengurus jenazah ini dilakukan dengan serius, selain menambah pengetahuan dan kemampuan juga dapat menjadi tazkirah atau pengingat bagi peserta yang mengikuti. Menariknya lagi, setelah kegiatan Tahyiiz Mayit seluruh peserta diajak untuk bermuhasabah, dengan metode hipnoterapi.  Di akhir acara, panitia membuka pendaftaran pagi mahasiswa FISIP 2016 yang ingin menjadi mentor UP3AI.[]

Editor : Dinda Triani

BERBAGI