Beranda Headline Madinah, Model Negara Idaman Masyarakat Modern

Madinah, Model Negara Idaman Masyarakat Modern

BERBAGI

Nurhamidah | DETaK

Darussalam – “Madinah merupakan model dari negara yang menjadi idaman Masyarakat modern,” kata Ustad  Fauzi Shaleh penceramah pada Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan oleh (LDF) AL-Mizan Fakultas Ekonomi Unsyiah, Minggu(24/3/13) di Aula Fakultas Ekonomi Unsyiah.

Ia menyebutkan negara madinah yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW adalah cikal bakal gambaran negara Modren sekarang ( Modren Civilizations) atau yang sering dikenal dengan Negara Madani.  “Model dari negara-negara yang menjadi idaman Masyarakat modern, dimana disana terdapat masyarakat multikultural, yang saling toleransi dalam naungan hukum Islam,” ujar Ustad Fauzi.

IKLAN
loading...


Menurutnya sebelum  rasulullah saw hijrah, penduduk madinah (Yastrib) yang terdiri dari banyak suku-suku saling berperang . Suku-suku yang paling terkenal permusuhanya adalah suku Aus dan suku Kazrajd.

Dosen IAIN ini menambahkan, ketika Rasulullah hijrah ke Madinah sekaligus membawa pesan perdamaian. Kedua suku yang awalnya saling berperang, berubah menjadi sahabat yang setia satu dengan lainnya dalam bingkai Ansharullah, dan kaum Anshar dipersahabatkan dengan kaum Muhajirin. “Maka bertambah dekatlah hubungan ukhuwah Islamiyah di antara mereka, inilah pesan perdamaian dan persahabat yang dibawa oleh rasulullah SAW,”jelasnya kemudian.

BERBAGI