Beranda Headline Kenang 142 Tahun Perang Aceh-Belanda, BEM FISIP Lakukan Aksi

Kenang 142 Tahun Perang Aceh-Belanda, BEM FISIP Lakukan Aksi

BERBAGI

M Fajarli Iqbal | DETaK

IMG20150326170407
BEM FISIP gelar aksi kenang sejarah perang 142 tahun Aceh melawan Belanda (M Fajarli Iqbal/DETaK)

Darussalam – Belasan Mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Unsyiah menggelar aksi dan orasi di depan gerbang Kopelma Kamis, 26 Maret 2015 dalam rangka mengenang 142 tahun perang Aceh melawan Belanda.

Aksi yang diwarnai dengan orasi-orasi yang sarat sejarah ini sempat menyita para pengguna jalan, tak hanya itu, BEM FISIP juga membagikan selebaran yang berisi  tetang sejarah Aceh saat berperang melawan Belanda.

IKLAN
loading...


Rian Juliansyah,  koordinator lapangan mengatakan bahwa acara ini bertujuan untuk membangkitkan kembali kepedulian bangsa Aceh terhadap sejarah. Ia juga menambakan bahwa pemuda Aceh sekarang mulai kurang peduli terhadap sejarah sehingga inisiatif untuk menggelar aksi dan orasi dalam mengenang sejarah Aceh pun muncul.

“Aceh pernah berani dan tidak gentar sedikit pun terhadap ancaman yang dikirim oleh Belanda, jadi kami ingin bangsa Aceh sekarang tahu bahwa nenek moyang kita itu berani dan bangsa kita ini adalah bangsa yang besar,” tutur Rian saat diwawancarai detak-unsyiah.com di sela-sela aksi tersebut.[]

Editor: Riska Iwantoni