Beranda Headline Ini Penjelasan Penjabat Rektor Soal Isu Ijazah Palsu

Ini Penjelasan Penjabat Rektor Soal Isu Ijazah Palsu

BERBAGI

Sayed Jamaluddin | DETaK

Darussalam – Isu yang menyatakan lulusan Unsyiah akan menerima ijazah palsu dibantah Penjabat Rektor Unsyiah, Samsul Rizal. Samsul membantah isu tersebut dengan memperlihatkan dan membagikan surat penjelasan perihal tersebut yang ditandatangani oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti), Djoko Santoso dalam jumpa pers di Kantor Pusat Administrasi Unsyiah, Senin (5/6/2012).

Pada poin kedua surat tersebut dijelaskan, “Sehubungan dengan pelaksanaan wisuda yang akan dilaksanakan pada 12 Mei 2012, penjabat rektor mempunyai kewenangan untuk menandatangani ijazah sebagai rektor dan mewisuda (tanpa menuliskan penjabat)”.

IKLAN
loading...


Surat tersebut merupakan balasan dari Dirjen Dikti terkait surat permintaan penjelasan dari pihak Unsyiah dengan nomor 1505/UN11/PP/2012 tanggal 23 April 2012.

Seperti yang tertulis dalam Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 137/MKP.A4/KP/2012 yang ditandatangani Muhammad Nuh dijelaskan, “Bahwa Darni Daud diberhentikan dari jabatan negeri karena telah ditetapkan sebagai pasangan Calon Gubernur Aceh.”

Karena itu, Samsul Rizal diangkat sebagai penjabat rektor untuk kelancaran pelaksanaan tugas sehari-hari di lingkungan Unsyiah.

Pada poin ketiga dalam surat tersebut, juga dijelaskan terkait pengambilan keputusan. “Dalam pengambilan keputusan yang mengakibatkan perubahan ketenangan, anggaran, dan perlengkapan agar berkonsultasi dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi.” []