Beranda Headline Humas Unsyiah: TPBI Pertimbangan Masuk Unsyiah

Humas Unsyiah: TPBI Pertimbangan Masuk Unsyiah

BERBAGI
Peserta TPBI Unsyiah sedang mengikuti ujian. Dok. Humas Unsyiah

Raudhatul Fitri [AM] | DETaK

Peserta TPBI Unsyiah sedang mengikuti ujian. Dok. Humas Unsyiah
Peserta TPBI Unsyiah sedang mengikuti ujian. (Dok. Humas Unsyiah)

Darussalam – Pengadaan Tes Penjajakan Bidang Ilmu (TPBI) yang diselenggarakan Unsyiah merupakan satu diantara serangkaian ujian masuk Unsyiah.  Ilham Maulana, Kepala Humas Unsyiah disela-sela kesibukannya merilis data jumlah peserta yang ikut tes pada  pada Minggu, 30 November 2014  mengatakan bahwa TPBI menjadi pertimbangan untuk masuk Unsyiah.

”Di Unsyiah, tes ini juga kami gunakan sebagai pertimbangan untuk SMNPTN,” kata dia.

IKLAN
loading...


Ilham mengatakan, tahun lalu, banyak siswa yang gagal masuk Unsyiah melalui jalur ini, karena tidak memiliki nilai TPBI. “Oleh karena itu, perolehan nilai TPBI akan mempengaruhi kelulusan di Unsyiah melalui jalur SNMPTN,”

Tes ini juga tidak memperhatikan peringkat di sekolah, siswa yang mengikuti tes ini boleh dari peringkat berapa saja. Seperti yang diungkapkan oleh Ilham Maulana selaku kepala Humas Unsyiah.

“Iya, ini kan ‘pasar bebas’.  Jadi, semua punya peluang untuk ikut menguji kemampuannya, gak ada hubungannya kan dengan peringkat,” kata Ilham.

Ujian TPBI 2014 berlangsung sejak pukul 08.00  dan berakhir pukul 12.00 siang hari itu bertempat di di gedung FKIP, FH, dan RKU. Berdasarkan informasi yang kami peroleh TPBI berlangsung dengan lancar, karena hanya berupa try out.

Salah seorang peserta TPBI, Evia Safrina dari SMA Negeri 1 Bireuen ketika wawancarai detak-unsyiah.com menuturkan komentarnya terkait jumlah soal yang diberikan dalam ujian banyak namun harus dikerjakan dalam waktu terbatas. “Soalnya banyak, terus waktunya juga singkat.  Tapi dalam mengerjakannya, tergantung orangnya juga sih.” jelas Evia.[]

Editor: Hilda Rahmazani