Beranda Headline Hak Pilih Adalah Hak Personalitas

Hak Pilih Adalah Hak Personalitas

BERBAGI
Karikatur Pemilihan Raya (Pemira) Unsyiah 2016. (Chalid Isra/DETaK)

Muhammad Zaki Ul Huda [AM] | DETaK

Darussalam – Antusiasme pemilih dalam pelaksanaan Pemilihan Raya (Pemira) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) 2016, di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Fakultas Hukum terbilang rendah. Kamis, 15 Desember 2016.

Hal tersebut disinyalir dari situasi TPS yang tidak begitu ramai pemilih. Namun begitu tampak kondisi TPS yang dijaga ketat oleh Satuan Pengamanan baik dari pihak kepolisian dan satpam kampus terlihat kondusif dan aman.

Aparat Kepolisian yang sedang bertugas di TPS Fakultas Hukum Unsyiah
Aparat Kepolisian yang sedang bertugas di TPS Fakultas Hukum Unsyiah
IKLAN
loading...


Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari Sri Wahyuni Desky, selaku Penanggung Jawab TPS Fakultas Hukum menyatakan bahwasanya partisipasi mahasiswa dalam Pemira Fakultas Hukum masih rendah seperti tahun sebelumnya, mahasiswa  yang ikut Pemira sekitar 28,5% dari total jumlah 1614 mahasiswa yang terdata aktif di Fakultas Hukum.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum, Ade Mulya mengungkapkan bahwa minimnya antusiasme mahasiswa merupakan hal yang biasa terjadi, sebab hak memilih merupakan hak personalitas yang dimiliki oleh mahasiswa.

“Situasi di TPS Fakultas Hukum aman dan kondusif meskipun minat memilih mahasiswanya agak kurang. Semua mahasiswa Fakultas Hukum memiliki hak yang sama, tergantung mereka mau menggunakannya atau tidak,” ungkap Ade kepada detak-unsyiah.com dijumpai di TPS Fakultas Hukum Unsyiah. []

Editor: Maisyarah Rita