Beranda Headline Era Baru Perpustakaan Unsyiah

Era Baru Perpustakaan Unsyiah

BERBAGI

Tajul Ula | DETaK

Pustaka Unsyiah
Perpustakaan Universitas Syiah Kuala (Riska Iwantoni/DETaK)

Darussalam –  Perpustakaan Unsyiah  dalam meningkatkan pelayanan maupun infrastruktur terus melakukan pembenahan. Hal tersebut diungkapkan Taufiq Abdul Gani, kepala Pustaka Unsyiah saat ditemui detak-unsyiah.com,  Jumat, 6 Maret 2015 di kantornya.

“Sebenarnya sangat banyak yang masih harus dibenahi, karena seiring berjalannya waktu kita tetap merasa kurang, jadi pembenahan itu tidak ada habisnya,” terangnya.

IKLAN
loading...


Ia mengatakan ada beberapa hal baru yang ada di Perpustakaan Unsyiah saat ini, seperti pengadaan alat elektronik terbaru peminjaman mandiri, yang baru seminggu dioperasionalkan di Pustaka Unsyiah.

Meskipun baru seminggu namun menurut Taufiq, mahasiswa sudah antusias dalam menggunakannya, hal ini terlihat dari data transaksi buku yang mencapai 250 hingga 300 setiap harinya. Pun dalam pelaksanaannya ada sebagian mahasiswa yang masih bingung dalam menggunakannya.

Selain pengadaan alat baru, Taufiq mengatakan untuk menarik perhatian mahasiswa pihaknya ada pertunjukan seni oleh mahasiswa Unsyiah bertajuk Relax and Easy yang dilakukan setiap hari rabu  dari jam 14.00 sd 14.30.

Ia juga berpesan kepada mahasiswa yang memiliki bakat dalam seni agar tidak sungkan untuk tampil dalam kegiatan tersebut.

Jam buka pustaka pada malam hari akan ditambah waktunya dari yang sebelumnya sampai dengan pukul 21.00 WIB menjadi 22.30 WIB. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pengunjung pada malam hari. Pada umumnya di Aceh  waktu beraktifitas menurut Taufiq pada malam hari rata-rata dilakukan setelah isya.

“Jadi kalau tutupnya jam sembilan hanya ada waktu  singkat yakni satu jam, mungkin hal tersebut menurut Abdul Ghani  yang membuat mahasiswa malas untuk ke perpustakaan pada malam hari. Oleh karena  itu kita ubah  strategi tersebut untuk meningkatkan pengunjung,” Jelasnya.

Pada akhir pernyataannya, Taufiq berharap dengan peningkatan fasilitas dan pelayanan yang telah dilakuan, mahasiswa harus berkomitmen datang serta memanfaatkan dan menggunakan fasilitas yang sudah disediakan secara maksimal agar tidak rugi nantinya.

”Pembenahan yang kita lakukan sangat tergantung kepada keinginan serta kebutuhan mahasiswa itu sendiri”, tutupnya.

Dengan berbagai pembenahan yang dilakukan oleh pihak perpustakaan sentral Unsyiah seperti memasuki era baru dalam kemajuannya. Semoga Unsyiah menjadi lebih baik dan lebih bergengsi ke depannya.[]

Editor: M Fajarli Iqbal