Beranda Beasiswa Belajar Bahasa & Budaya Korea Langsung di Negeri Ginseng, Siapa Mau?

Belajar Bahasa & Budaya Korea Langsung di Negeri Ginseng, Siapa Mau?

BERBAGI
(Foto: Iliustrasi/indiepundit.com)
(Foto: Iliustrasi/indiepundit.com)

JAKARTA – Demam K-Pop tengah melanda berbagai belahan dunia, tidak terkecuali Indonesia. Jangan sekadar mengagumi para aktris dan penyanyinya saja, kini kesempatan Anda untuk mengunjungi negara tersebut secara gratis pun semakin besar. Bahkan, kita pun mendapatkan ilmu tentang budaya dan bahasa Negeri Ginseng itu. Bagaimana caranya?
Pusat kebudayaan Korea di Indonesia menawarkan beasiswa program bahasa dan budaya Korea di Pusat Bahasa Universitas Geumgang, Korea Selatan. Program ini berlangsung selama 15 minggu. Dimulai pada Maret 2013 hingga 14 Juni 2013.

Para calon penerima beasiswa akan diseleksi melalui dua tahap. Seleksi tahap pertama dilakukan oleh Korean Cultural Center Indonesia. Jika lolos, calon penerima beasiswa akan mendapat surat referensi dari Direktur Korean Cultural Center Indonesia. Selanjutnya, seleksi tahap dua akan dilakukan oleh Geumgang University.

Beasiswa ini mencakup biaya program dan tempat tinggal (asrama). Sementara kelas budaya di dalam dan di luar kampus, buku, dan makan, harus ditanggung sendiri oleh para peserta.

IKLAN
loading...


Lantas, siapa saja yang dapat mengajukan diri untuk mengikuti program ini? Para pelamar tentunya harus merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang bebas dari masalah hukum. Diperuntukan bagi mereka yang lahir sebelum 1991 dan memiliki pendidikan minimal lulusan D-3.

Calon penerima beasiswa harus fasih berbahasa Inggris baik secara lisan maupun tulisan. Para pelamar harus menyukai dan mampu untuk memperkenalkan kebudayaan Korea ke masyarakat. Kemudian, membuat video perkenalan diri dalam bahasa Inggris dan mengupload video tersebut di Youtube.

Tentunya, Anda pun harus melengkapi sejumlah persyaratan dokumen yang telah ditentukan. Apa saja dokumen tersebut? Ini daftarnya.

1. Formulir aplikasi beasiswa yang sudah di isi lengkap dalam bahasa Inggris. Formulir aplikasi beasiswa terdiri dari :
– (Form-1) Application for Korean Language Program.
– (Form-2) Application for Dormitory.
– (Form-3) Statement of Purpose.
– (Form-4) Participant’s Consent.
– Medical Certificate.

Formulir aplikasi beasiswa dapat di peroleh di Korean Cultural Center Indonesia atau mengunduh pada laman Geumgang University.

2. Ijazah pendidikan terakhir
Ijazah D-3 bagi lulusan D-3, ijazah S-1 bagi lulusan S-1, maupun ijazah S-2 bagi lulusan S-2.

3. Transkrip akademik.

4. Surat referensi dari Universitas, bagi yang masih berstatus sebagai mahasiswa.

5. Sertifikat TOEFL.

6. Fotokopy paspor yang masih berlaku, dengan masa berlaku lebih dari enam bulan.

7. Pas photo 3×4  sebanyak enam lembar.

8. Menyertakan link video perkenalan diri dalam bahasa Inggris yang sudah di upload di Youtube.

9. Surat referensi dari Direktur Korean Cultural Center Indonesia, bagi calon penerima beasiswa yang lolos ke tahap II.

Berminat untuk mendaftar? Langkah pertama adalah mengambil formulir aplikasi beasiswa di Korean Cultural Center Indonesia dan mengisi nya secara lengkap atau mendownloadnya di laman Geumgang University. Kemudian, kirim formulir aplikasi beasiswa beserta dokumen pelengkap dalam amplop tertutup dan diserahkan secara langsung ke Korean Cultural Center Indonesia sebelum 19 Desember 2012.

Informasi lengkap dapat menghubungi Korean Cultural Center Indonesia (KCCI) melalui nomor (021) 2903-5650 atau email dengan alamat [email protected] Anda dapat pula mendatangi kantor KCCI yang berlokasi di Equity Tower 17th Fl, SCBD Lot 9, Jl. Sudirman Kav 52-53, Jakarta 12190.

sumber: okezone.com