Beranda Headline 3900 Guru Ikut Ujian Ulang PLPG

3900 Guru Ikut Ujian Ulang PLPG

BERBAGI

Putri Nurul Ulfa [AM] | DETaK

68908FKIP-Baru-e1313306311854
(foto: istimewa)

Darussalam– Sebanyak 3900 Orang Guru mengikuti ujian ulang Pendidikan dan Latihan Profesi (PLPG) Rayon 101 Universitas Syiah Kuala di Gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Minggu, (5/12/2013).

Pantauan detak-unsyiah.com, pengisian lembaran jawaban yang sudah dimulai sejak pukul 9 pagi tersebut berlangsung dengan tertib. Peserta  yang mengikuti PLPG merupakan  guru Sekolah Dasar/sederajat sampai Sekolah Menengah Atas/sederajat  dari berbagai kabupaten di Aceh.

IKLAN
loading...


Dekan FKIP, Djufri mengatakan bahwa ada peningkatan  jumlah peserta tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu. “Untuk tahun ini peserta yang ikut PLPG baik dari tahap 1 sampai tahap 7 berkisar 9280 orang, namun hanya 3900 yang mengikuti ujian ulang,” sebutnya.

Menurutnya, untuk mekanisme PLPG diatur oleh pemerintah pusat. Begitu juga dengan kuota peserta yang memang di kirimkan dari Jakarta.  “Masih ada 350.000 lagi guru yang belum disertifikasi termasuk Aceh, diperkirakan akan selesai pada tahun 2015,” terangnya.

Mengenai isu yang sempat beredar tentang terjadinya kecurangan, seperti kebocoran kunci jawaban kepada peserta, panitia sertifikasi belum dapat membuktikan tentang kebenaran isu tersebut.

Selain itu, Djufri juga menjelaskan jika para guru yang sudah lulus PLPG belum bisa dijamin akan menjadi guru professional. “Akan tetapi skenario ke depan kita akan membentuk guru-guru berkualitas, langkah awalnya dengan memperbaiki Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kerja (LPTK),” tutupnya.[]

BERBAGI