Beranda Artikel Lima Film yang Membuatmu Betah di Rumah Aja

Lima Film yang Membuatmu Betah di Rumah Aja

BERBAGI
loading...

Tim Riset & Data | DETaK

Sesuai dengan Surat Edaran (SE) Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) yang memperpanjang masa kuliah daring hingga akhir semester genap karena semakin mewabahnya Covid-19, gerakan jaga jarak fisik (physical distancing) terus digencarkan dengan tetap tinggal di rumah. Namun, berada di rumah seharian tentu saja akan menimbulkan rasa bosan karena seluruh kegiatan hanya dapat dilakukan di rumah.

Lalu hal apa saja sih yang dapat kamu lakukan untuk mengusir rasa bosan? Menonton film bisa menjadi alternatif untuk menjadikan kegiatanmu di rumah tetap seru. Berikut lima rekomendasi film yang telah dirangkum oleh tim riset DETaK Unsyiah.

loading...

1. Spotlight (2015)

Film ini digarap berdasarkan kisah nyata yang menceritakan tentang penyelidikan sebuah kasus pelecehan terhadap anak di Gereja Katolik, yang melibatkan sejumlah pastur. Penyelidikan tersebut dilakukan oleh Spotlight yang merupakan tim investigasi pada kantor berita The Boston Globe di Amerika Serikat. Proses penyelidikan tak semudah dibayangkan disebabkan tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi kepada Gereja. Akhirnya, Spotlight berhasil mengumpulkan informasi yang selama beberapa dekade ditutupi oleh pihak gereja dan polisi. Selain itu, film ini juga memperlihatkan pergulatan batin antara menjaga citra keyakinan yang dianut atau mengungkap kebenaran.

Film besutan Tom McCarthy ini memenangkan banyak penghargaan, salah satunya menyabet dua piala Oscar sebagai film terbaik dan naskah asli terbaik.

2. The Hot Zone (2019)

Pada tahun 1989, virus Ebola diketahui muncul di sebuah laboratorium penelitian Amerika Serikat. Seorang peneliti angkatan darat pun rela mempertaruhkan nyawanya untuk mencegah wabah tersebut.

3. Exit (2019)

Dari film ini kita dapat mengambil nilai positif yaitu untuk tidak menyerah kepada kehidupan kita. Film ini menceritakan tentang seorang laki-laki yang dulu menjadi seorang mahasiswa panjat tebing terbaik di kampusnya, namun ketika lulus ia tidak dapat mendapatkan pekerjaan dimanapun hingga terpaksa menumpang dengan orang tuanya. Cerita mulai menjadi seru ketika ia hendak merayakan ulang tahun sang ibu di sebuah tempat bernama Dream Garden. Disana lah ia dan pujaan hatinya harus berjuang untuk menyelamatkan orang-orang ketika bencana terjadi dengan skill panjat tebing yang mereka miliki. Cerita yang baru dibawakan film ini benar-benar membuat kita bisa semakin menantikan akhir kisah dari film ini.

4. A Silent Voice (2016)

A Silent Voice atau dalam bahasa Jepang berjudul Eiga Koe No Katachi (The shape of voice) merupakan anime dengan alur cerita yang menyentuh, bercerita tentang siswi sekolah dasar bernama Shouko Nishimiya, yang memiliki gangguan pendengaran dirundung (bullying) tanpa ampun oleh teman sekelasnya. Kemudian bertahun-tahun setelah penyiksaan itu, salah satu dari mereka datang menghampirinya memohon pengampunan.

Di awal film, kita akan ditunjukkan pada adegan seseorang berjalan di tepi jembatan yang berencana lompat ke bawah. Namun suara kembang api menghentikannya, mengingatkannya akan masa lalu, hari-hari di sekolah dasar dan peristiwa yang menyeretnya pada situasi ini. Pada film ini juga diceritakan bagaimana akhirnya kecacatan itu mempengaruhi kepercayaan dirinya dan mendorongnya menjauh dari masyarakat.

5. Parasite (2019)

Film ini menceritakan bagaimana sebuah keluarga miskin yang tinggal di bagian permukiman kumuh memanipulasi keluarga kaya. Berawal dari tawaran sahabat sang anak untuk mengajari anak dari keluarga tersebut belajar bahasa Inggris, merekapun mulai menipu keluarga tersebut dengan membuat semua anggota keluarga mereka bekerja pada satu keluarga yang sama. Dari film ini membuat kita sadar bahwa kesenjangan sosial memang masih ada. Bagaimana perbedaan kehidupan orang kaya dengan kehidupan orang miskin, semuanya tergambarkan secara realistis dalam film ini. Kemampuan akting aktor dan aktrisnya dalam menyuguhi peran masing-masing tokoh menjadi nilai tambah dari film ini.

Nah, itulah lima rekomendasi film yang bisa kalian tonton untuk tetap seru-seruan di rumah selama masa pandemi Covid-19. Yuk, di rumah aja dan tetap jaga kesehatan, ya!

BERBAGI