Beranda Terhangat KSR PMI Unsyiah Lepas 32 Volunteer untuk Bakti Relawan

KSR PMI Unsyiah Lepas 32 Volunteer untuk Bakti Relawan

BERBAGI
(Dok. Panitia)
loading...

Indah Latifa [AM] | DETaK

Darussalam– Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) kembali mengadakan Bakti Relawan (Barel) ke-VI dengan tema “Wujudkan Kepedulian untuk Negeri dalam Bakti”. Kegiatan ini diadakan di kecamatan Sampoiniet, kabupaten Aceh Jaya mulai tanggal 12 s.d. 15 Desember 2019.

Bakti Relawan ini merupakan agenda dua tahunan yang rutin diadakan oleh UKM KSR-PMI. Dan tahun ini adalah keenam kalinya agenda ini dilakukan. Acara ini diikuti oleh 32 orang relawan yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Aceh Jaya, Dinas Sosial Aceh, dan Dompet Dhuafa Volunteer.

loading...

Pelepasan relawan ini dihadiri oleh Kepala Markas PMI Kota Banda Aceh, Safriadi Ibrahim. Ia berharap kegiatan ini mampu mensosialisasikan dan mengkampanyekan arti PMI kepada masyarakat, agar masyarakat tahu bahwa PMI murni urusan kemanusiaan tanpa memandang kasta, sehingga masyarakat dan PMI dapat berkerja sama dengan baik.

“Saya berharap PMI semakin tersosialisasi agar masyarakat semakin mencintai PMI dan relawannya. PMI ini kan tidak mengenal kasta dalam pelayanannya, tidak mengenal agama maupun suku apa yang akan ditolong itu. Masyarakat harus paham bahwa PMI ini murni urusan kemanusiaan. Saya juga berharap adik-adik relawan yang ikut Barel juga mengkampanyekan urusan donor darah, karna darah itukan sangat identik dengan PMI. Bahwa untuk urusan darah itu tidak perlu beli, cukup menelpon call center PMI. Kalau memang stoknya ada, langsung diberikan,” ungkapnya.

T. Auliya Rahman, selaku Ketua Panitia mengatakan tujuan diadakannya bakti relawan ini adalah sesuai dengan Hymne PMI yaitu sebagai wujud nyata kepedulian PMI terhadap masyarakat supaya masyarakat memiliki kehidupan yang semakin sehat.

“Kegiatan ini gunanya sesuai dengan lagu PMI, yaitu wujud nyata kepedulian kami anggota KSR PMI dalam melakukan bakti kepada masyarakat, supaya masyarakat semakin sehat dan paham tentang Palang Merah. Berhubung disana ada CRU konservasi maka kami pun menggaet mereka untuk kerja sama mengenai penanganan konflik antara satwa liar dengan masyarakat,” jelasnya.

Rangkaian kegiatan Barel ke-VI yang akan dilakukan para relawan di antaranya, pelayanan kesehatan gratis, home visit, penyuluhan kebencanaan, sekolah sehat tanggap, outbond, lomba islami, dan masak bersama masyarakat. []

Editor: Cut Siti Raihan