Beranda Siaran Pers Kunjungi Situs Sejarah, Himpunan Mahasiswa PPKn Peringati Hari Perempuan Internasional

Kunjungi Situs Sejarah, Himpunan Mahasiswa PPKn Peringati Hari Perempuan Internasional

BERBAGI
Dok. Panitia
loading...

Siaran Pers | DETaK

Aceh Besar– Himpunan Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Syiah Kuala (HIMADIKWARA) kabinet inspirasi karya memperingati hari wanita internasional dengan menyelenggarakan kegiatan International Women’s Day Indonesia-Aceh di Lamreh, Kecamatan Masjid Raya, Minggu pagi, 8 Maret 2020.

Kegiatan ini mengusung tema “Laskar Pejuang Perempuan di Tanah Rencong” dengan mengunjungi makam laksamana keumalahayati dan situs cagar budaya benteng inong bale. Kegiatan tersebut sebagai wujud penghormatan terhadap perjuangan sosok seorang pahlawan perempuan panglima perang kesultanan aceh yaitu Laksamana Keumalahayati.

loading...

Kurang lebih 20 mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) ikut serta mengunjungi makam Laksamana Keumalahayati dan situs cagar budaya benteng inong bale.

Dok. Panitia

Selain kunjungan, mereka juga membersihkan makam ditemani oleh penjaga makam dan dilanjutkan dengan do’a bersama.

M. Nur Solikan, koordinator kegiatan International Women’s Day mengatakan bahwa “Kegiatan ziarah ke  makam Laksamana Keumalahayati dan situs cagar budaya benteng inong bale ini bisa menambah wawasan tentang sejarah bagaimana perjuangan seorang laksamana perempuan  laut pertama di dunia itu, dan juga menggelorakan semangat para perempuan untuk tidak lagi pesimis jika melihat dirinya yang selama ini tidak mendapatkan peran yang sama dengan laki-laki,” ujar M. Nur Solikan, koordinator kegiatan International Woman’s Day.

Lebih lanjut, dirinya juga berpesan kepada masyarakat agar dapat menjaga kebersihan serta merawat makam Laksamana Keumalahayati tersebut sebagai bentuk rasa hormat kepada jasa seorang pahlawan yang telah rela berkorban untuk memperjuangkan kesultanan Aceh pada abad ke-16 Masehi.

Editor: Missanur Refasesa

.