Beranda Opini Manfaat Jamblang

Manfaat Jamblang

BERBAGI

Menjelang bulan Juli hingga Agustus, buah kecil berwarna hitam menyerupai anggur ini kembali bermusim, tidak jarang orang-orang menyebutnya dengan nama anggur Aceh, ataupun jamblang, dan biasanya orang Aceh sendiri menyebut buah ini dengan nama Boh Kleng (buah hitam), menjadi khas manisan setiap tahunnya.

Tumbuhnya jauh dari pemukiman penduduk. Tepatnya di daerah perbukitan maupun di hutan. Jamblang tergolong tumbuhan buah-buahan yang berasal dari Asia dan Australis tropik. Biasanya ditanam di pekarangan atau tumbuh liar, terutama dihutan jati. Jamblang tumbuh didaratan rendah sampai ketinggian 500 M dpl.
Rasa buah ini mempunyai khas tersendiri, Asam manis dan sedikit sepat, dan memiliki aroma yang harum hingga membuat lidah setiap yang mencicipi ketagihan, tergantung bagi lidah yang suka dengan manisan. Buah ini lebih nikmat bila dimakan dengan menggunakan patarana (Plik u, masakan khas Aceh), ataupun dibubuhi garam dan gula serta dicampuri dengan cabe rawit sesuai dengan selera.

Salah seorang pedang buah Jamblang yang ditemui DETaK, Masdiah, mengaku bahwa buah jemblang yang dijualnya dibeli dari dikebun-kebun milik warga. Satu bambu (1,5 kg) berkisar antara 15.000 – 17.000 rupiah. Dan bila dijual pada konsumen, harganya mencapai 4000 – 5000 rupiah per plastik ukuran 2,5 ons.
“Memang sedikit agak mahal, karena buah pun belum panen secara keseluruhan. Untuk memetik sendiripun agak susah dan capek menuju kebun yang berada dibukit Krueng Raya sana,” jelas Masdiah, sambil mengisi buah-buah jamblang kesetiap bungkusan plastik.

Biasanya pedagang-pedagang jemblang menjual buah ini disekitar lingkungan pelajar (sekolah) dan penduduk, seperti disepanjang jalan menuju tugu Unsyiah, daerah Lam Pineung, dan di seputaran Pasar Aceh.

Kenikmatan buah ini lebih terasa bila buah jemblang ini sedikit agak lembek dan berair. Keadaan buah yang demikian bukan berarti busuk, melainkan menandakan buah ini sudah sangat matang. Rasanya akan sangat manis dan berbau harum. Jelas pedagang yang berasal dari krung raya itu.
Selain rasa buahnya yang nikmat. anggur aceh ini juga mempunyai khasiat yang sangat bermanfaat , Berikut ini beberapa khasiat dan manfaat dari buah jamblang:

Sifat dan Khasiat Buah Jamblang
Daging buah rasanya asam manis ini, sifatnya sejuk, astrigen kuat, berbau aromatic. Berkasiat melumas organ paru, menghentikan batuk, peluruh kencing (diuretik), peluruh kentut (karminatif), memperbaiki gangguan pencernaan, merangsang keluarnya air liur, dan menurunkan kadar glukosa darah (hipoglikemik). Kulit kayu berkasiat untuk peluruh haid. Jamblang mengandung minyak asiri, fenol (methylxanthoxylin), alkaloid (jambosine), asam organic, triterpenoid, resin yang berwarna merah tua mengandung asam elagat dan tanin.

Bagian yang Digunakan

Bagian tanaman yang dapat digunakan sebagai obat adalah kulit kayu, daging buah dan bijinya. Daging buah bisa digunakan segar atau yang telah dikeringkan. Jika daging buah dimakan, akan menyebabkan rongga mulut dan lidah berwarna ungu.
indikasi

Daging buah digunakan untuk pengobatan :

• Kencing manis (diabetes mellitus),
• Batuk kronis, sesak napas (asma),
• Batuk rejan, batuk pada TB paru disertai nyeri dada,
• Nyeri lambung dan diare.

Biji digunakan untuk pengobatan :

• Kencing manis (diabetes mellitus),
• Diare, disentri,
• Gangguan pencernaan seperti kembung, nyeri lambug, keram perut,
• Keracunan strychnine (penawar racun yang tidak spesifik), dan
• Pembesaran limpa.

Kulit Kayu digunakan untuk pengobatan :

• Kencing Manis (diabetes mellitus)
• Diare
• Sariawan

Cara Pemakaian

Daging buah bisa dimakan secukupnya sebagai buah meja.

Efek Samping
• Hasil penelitian menunjukan biji, daun, dan kulit kayu jamblang mempunyai khasiat menurunkan kadar glukosa darah (efek hipoglikemik) pada penderita diabetes mellitus tipe II.
• Penelitian di India mendapat hasil bahwa buah jamblang potensial sebagai obat kontrasepsi pada pria
• Pada percobaan binatang, jamblang dapat mencegah timbul katarak akibat diabetes.
• Jamblang juga menurunkan risiko timbulnya atherosclerosis sampai 60-90% pada penderita diabetes. Hal ini terjadi karena kandungan oleanolic acid pada jamblang dapat menekan peran radikal bebas dalam pembentukan atherosclerosis.


Contoh Pemakaian

Batuk Kronis, asma
• Cuci buah jamblang segar (15 g) sampai bersih, buah bijinya, lalu makan. Lakukan tiga kali sehari
• – Sediakan buah jamblang kering (15g). masukkan ke dalam mengkuk, tambahkan air sampai seluruh buah terendam, lalu tim sampai matang. Setelah dingin, minum airnya dan makan buahnya sekaligus. Lakukan tiga kali sehari.
• Batuk Rejang
• Siapkan buah jamblang kering (15g), empedu ayam betina (1 buah), dan gula pasir secukupnya. Masukkan ke dalam air sampai seluruh bagian terendam, lalu tim sampai matang. Minum airnya dan makan isinya. Lakukan sekali sehari sampai sembuh.
• Batuk pada TB Paru disertai nyeri dada
• Siapkan buah jamblang segar (30g, jika dipakai buah kering gunakan sebanyak 15g) dan daun sembung segar (Blumea balsamifera) (25 g). Cuci semua bahan, lalu potong-potong daun sembung seperlunya. Masukkan ke dalam mangkuk, tambahkan gula pasir (15g) dan air secukupnya sampai seluruh bahan terendam. Tim sampai matang. Setelah dingin, minum airnya. Makan buahnya, tetapi bijinya dibuang. Setiap malam sebelum tidur
Diare pada anak
• Siapkan buah jamblang segar yang belum matang dan beras yang sudah digongseng sampai kuning (masing-masing 6g). masukkan ke dalam mangkuk, tambahkan air secukupnya sampai semua bahan terendam. Tim sampai matang. Setelah dingin, makan sekaligus. Lakukan tiga kali sehari.
Nyeri Lambung
• Gongseng buah jamblang kering tanpa biji (30g) sampai berbau harum. Masukkan ke dalam mangkuk, tambahkan air secukupnya sampai semua bahan terendam, lalu tim sampai matang. Setelah dingin, makan seluruhnya. Lakukan tiga kali sehati, selama 10 hari.
Sariawan
Rebus kulit kayu atau daun secukupnya. Setelah dingin, gunakan untuk berkumur-kumur. Lakukan 3-4 kali dalam sehari

DETaK | Zuryati

4 KOMENTAR

  1. yuppp.. sumber acuannya di tulis… walaupun copas kan kalau disadurnya jelas ga masalah…
    ya ga…???
    btw…
    aku izin copas pny detak ya…
    hee8888
    trim’sss

  2. informasi yang sangat bagus,,,!!
    saran utk penulis,
    kalo di lansir dr sumber lain, tlg di tuliskan dr sumber mana,,,!

    lebh banyak berita lg utk kedepan ya,,!!!
    mantap

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here