Beranda Headline Sebanyak 1.221 Lulusan Unsyiah Kembali Dilepas

Sebanyak 1.221 Lulusan Unsyiah Kembali Dilepas

BERBAGI
Dok. Unsyiah

Siaran Pers | DETaK

Dok. Unsyiah
Dok. Unsyiah

Darussalam – Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)  kembali melepas 1.221 lulusannya untuk periode Februari-Mei 2015. Acara ini berlangsung di Gedung AAC Dayan Dawood 7 sampai 8 Mei 2015. Pada hari pertama, hanya 824 orang lulusan diwisuda, sementara 397 orang lulusan lainnya diwisuda pada hari kedua, Jumat besok.

Dari 1.221 wisudawan tersebut, terdapat 180 orang magister (S2), 47 orang lulusan pendidikan profesi, satu orang program spesialis, dan 913 lulusan sarjana (S1). Serta 80 orang lulusan Diploma III.

IKLAN
loading...


Dalam sambutannya Rektor Unsyiah, Samsul Rizal juga memberikan apresiasi yang tinggi, terhadap 111 orang lulusan Unsyiah yang berhasil meraih tingkat yudisium cumlaude. Berdasarkan jumlah tersebut, maka secara statistik persentase lulusan yang lulus dengan yudisium cumlaude pada priode Februari – Mei 2015 ini meningkat cukup signifikan yaitu 9,1%. Atau tumbuh 1,6 persen pada periode sebelumnya.

Dengan dilepaskannya 1.221 orang lulusan pada Wisuda Periode Februari-Mei 2015 ini, maka Unsyiah telah menghasilkan sebanyak 75.851 lulusan Sarjana/Pendidikan Profesi/Pascasarjana, dan 24.656 orang lulusan diploma dari berbagai disiplin keilmuan.

Secara keseluruhan, jumlah alumni Universitas Syiah Kuala saat ini telah melebihi 100 ribu orang. Dan mereka tersebar di seluruh dunia, mulai dari negara-negara maju seperti Amerika, Jepang, dan Eropa,  sampai ke pedalaman Madagaskar di Afrika.

Unsyiah menghasilkan 5.000-6.000 lulusan setiap tahun. Pelepasan dan wisuda para lulusan ini dilakukan empat kali dalam setahun, yaitu bulan Februari, Mei, Agustus, dan November.

Sementara itu, Unsyiah saat ini juga masih memiliki sekitar 30.000 mahasiswa aktif, yang nantinya juga akan diluluskan di tahun-tahun mendatang. Tahun ini, jumlah mahasiswa Unsyiah akan terus bertambah karena  akan menerima sebanyak 5.112 orang mahasiswa baru dari berbagai jalur.

“Singkat kata, jumlah alumni Universitas Syiah Kuala akan terus bertambah di masa mendatang,” ujar Rektor.

Dalam sambutannya, Rektor juga menyampaikan bahwa saat ini Unsyiah terus berbenah untuk meningkatkan kualitas pelayanan keilmuan dan pendidikannya. Selain itu, Unsyiah juga kini terus memacu peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta publikasi ilmiahnya. Semua ini dilakukan, karena Unsyiah meyadari betapa besarnya harapan masyarakat terhadap institusi ini.

Dalam kesempatan ini Rektor juga meyampaikan, bahwa pada hari itu juga, Unsyiah akan menerima visitasi dari para Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguran Tinggi (BAN-PT). kunjungan mereka adalah untuk menilai kembali kapasitas Unsyiah secara institusi.

Nilai akreditasi ini secara umum, menjadi salah satu faktor yang sangat berpengaruh secara signifikan dalam membantu para lulusan untuk mendapatkan pekerjaan pertama mereka. Oleh karena itu, pada acara wisuda ini Rektor memohon dukungan serta doa restu dari segenap keluarga besar Unsyiah serta masyarakat Aceh. “Semoga cita-cita kita untuk mendapatkan nilai akreditasi terbaik, mendapatkan ridha dari Allah,” harap Rektor.[]

Editor: Riska Iwantoni