Beranda Headline NHC : Kolaborasi Interprofesi antar Mahasiswa Kesehatan

NHC : Kolaborasi Interprofesi antar Mahasiswa Kesehatan

BERBAGI

Tajul Ula | DETaK

nhc nhcnhc

Darussalam – Mahasiswa yang tergabung dalam Health Professional Education Quality Students (HPEQ Students) dan Indonesia Young Health Professionals’ Society (IYHPS) ataupun gabungan organisasi mahasiswa profesi kesehatan seluruh Indonesia (regional 1 :  ACEH dan Sumut),  menggelar agenda Nusantara Health Collaborative (NHC) 2014 di Auditorium gedung FKIP, Unsyiah, Sabtu 31 Mei 2014.

IKLAN
loading...


Menurut Faidil selaku ketua teknis dalam acara yang bertajuk “Together Build a Better Health Trough Interprofessional Collaborative” ini akan berlangsung selama dua hari. Pada hari pertama, 31 mei 2014, mereka akan mengadakan agenda berupa workshop dan seminar mengenai “ Interprofessional Education (IPE) dan International Practice (IPP) dan Nusantara Health Care Team” di Auditorium, gedung FKIP, Unsyiah. Dan pada hari kedua, 1 Juni 2014, kegiatan akan berlangsung di lapangan tugu Unsyiah dengan konsep “Amazing Race”, kegiatan ini berupa simulasi praktik kolaborasi interprofesi.

Faidil juga mengatakan program NHC ini akan diikuti oleh sekitar 2250 pesrta dari seluruh penjuru nusantara yang terdiri dari perwakilan organisasi mahasiswa kesehatan . Dan acara ini diharapkan dapat membangkitkan kesadaran, pengetahuan dan pemahaman seluruh mahasiswa kesehatan dan profesional kesehatan muda di Indonesia mengenai pentingnya pendidikan interprofesi sejak dini, sehingga nantinya dapat terbentuk kolaborasi interprofesi yang baik dan berdampak bagi peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Perlu diketahui, sejak tahun 2010, Dikjen Dikti Kemendikbud sangat mendukung inisiasi dari tim HPEQ student dan IYHPS untuk menyelenggarakan NHC, lengkah ini dilakukan dalam rangka mendukung pengakaran dan pengokohan kolaborasi interprofesi. Penyelenggaraan NHC sendiri tersebar di 10 regional diseluruh Indonesia, dan kesempatan kali ini NHC diadakan di regional 1 yaitu (Aceh dan Sumut), dan pelaksanaannya akan dilakukan secara simultan di 10 regional tersebut, mulai bulan Mei hingga Oktober 2014.

Editor : Indri Maulina