Beranda Headline HMI Lakukan Penanaman 1000 Mangrove

HMI Lakukan Penanaman 1000 Mangrove

BERBAGI

Siaran Pers | DETaK

Banda Aceh – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Banda Aceh bekerja sama dengan Sobat Bumi Aceh serta Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pecinta alam Barracuda FMIPA Unsyiah melakukan penanaman seribu pohon mangrove di Gampong Alue Deah Teungoh, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh, Minggu, 2 Maret 2014.

Koordinator kegiatan, Ilham Fonna, menjelaskan, peserta terdiri dari kader HMI cabang Banda Aceh, anggota Sobat Bumi Aceh dan anggota UKM Barracuda FMIPA Unsyiah. Kegiatan yang bertema “Mangrove for Our Beautiful Earth” ini juga diikuti oleh lebih dari seratus peserta dari berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang ada di Banda Aceh dan Aceh Besar, serta dari LSM lingkungan hidup yang ada di Aceh.

IKLAN
loading...


Ilham Fonna memaparkan, pada awalnya peserta ditargetkan sebanyak 80 orang. ” Namun, sejak awal publikasi hingga menjelang satu hari sebelum kegiatan, jumlah pendaftar bertambah hingga lebih dari seratus orang,” jelasnya.

Penanaman mangrove ini selain sebagai upaya peduli kawasan pesisir dari abrasi, juga untuk menambah ekonomi masyarakat pesisir pantai karena pohon mangrove berfungsi sebagai rumah bagi berbagai biota laut yang menjadi penghasilan utama masyarakat pesisir. “Suatu saat Kota Banda Aceh bisa dijadikan contoh atau pedoman dalam upaya pelestarian dan juga ekowisata mangrove,” harapnya.

Keuchik Gampong Alue Deah Teungoh sangat mendukung kegiatan penanaman 1000 mangrove ini, malah keuchik meminta untuk menanam 10.000 mangrove kedepannya. Keuchik mengapresiasikan usaha dari para mahasiswa yang peduli terhadap masyarakat dan lingkungan hidup sekitar. Keuchik berharap semoga kedepan makin banyak kegiatan yang turun langsung ke masyarakat.[]

Editor : Murti Ali Lingga